Kontingen MTQ  Langsa Merosot ke Urutan 13

0
266

Chapnews.id – LANGSA, Prestasi Kontigen MTQ Kota Langsa ke 34 di Kabupaten Pidie merosot jauh ke urutan ke 13 besar. Hasil  ini jauh capain MTQ ke 33 di Aceh Timur yang berada di rangking 7 se Aceh.

Dengan hasil ini membuat publik Kota Langsa terkejut, seharusnya  kalau tidak bisa naik peringkat lebih baik mempertahankan sama dengan MTQ ke 33 di Aceh Timur.

Capain buruk ini mengundang berbagai macam  tanggapan spekulasi ditengah-tengah masyarakat. Karena buruknya pembinaan kontingen MTQ Kota Langsa.

Untuk ini patut dilakukan evaluasi secara besar-besaran, terhadap tehnis pembinaan qari-qariah serta pengelolaan anggaran untuk MTQ tersebut.

Kepala Dinas Syariat Islam Langsa, Drs Ibrahim Latif,MM, dimintai keterangannya mengakui bahwa capaian MTQ ke 34, Kota Langsa berada di urutan ke 13.

Namun secara keseluruhan hasilnya hampir sama dengan MTQ ke 33 di Aceh Timur. Dimana waktu itu kita memproleh urutan 7 dengan  total jumlah keseluruhan 4 nomor pertandingan.

Sementara untuk tahun ini,  total kita mendapat juara 3 nomor perlombaan dengan rincian juara satu 1 orang, juara dua 2 dan harapan 6 orang, hadi total semuanya ada 9 nomor pertandingan.

Dan saya setuju kita melakukan evaluasi terhadap pengelolaan ini, karena banyak hal yang harus kita lihat dalam meraih prestasi. Apalagi ini tahun pertama bagi DSI Kota Langsa mengelola MTQ, biasa di bagian Kesra Sekda. Sementara daerah lain sudah hampir 10 tahun DSI mengelola kontingen MTQ.

Belum lagi masalah anggaran saaat TC kita hanya memiliki 50 juta sekali TC. Jadi kemarin kita hanya memiliki 3 kali TC, dan semua melibatkan putra-putra lokal. Sementara daerah lain untuk melakukan pembinaan banyak mengambil pelatih dari pulai Jawa, sehingga terkesan mareka lebih siap dalam menghadapi kejuaraan.

Belum lagi capaian secara umum prestasi setiap nomor perlombaan yang disabet Aceh Besar dan Aceh Timur juga sangat berpengaruh pada hasil peringkat  kabupaten  lain. Tuan rumah aja harus puas di urutan 4.
“Kita tidak perlu saling menyalahkan namun setuju untuk di evaluasi untuk perbaikan kedepan” imbuhnya.(CN1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here