Gempa Tektonik Guncang Wilayah Medan dan Sekitarnya

0
889

Chapnews.id – MEDAN, Tak banyak masyarakat yang mengetahui atau merasakan telah terjadi gempa bumi di Medan dan sekitarnya pada Kamis siang (3/10/2019).

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan mencatat telah terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan M=2,8 mengguncang wilayah Medan.

Dari hasil analisis BMKG menujukkan, gempa bumi berkekuatan M=2,8 terjadi pada pukul 12.05 WIB. Episenter terletak pada koordinat 3,49 LU dan 98,65 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 km tenggara Binjai, Sumut pada kedalaman 18 km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan,  dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Medan dan Binjai II MMI. “Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” imbau Edison.

Meski demikian, tak banyak masyarakat yang menyadari telah terjadi gempa bumi. Ridwan, seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta di Medan mengaku tidak merasakan adanya gempa bumi.

“Ada gempa nyah? Saya nggak tahu. Tak merasakannya,” katanya. Hal yang sama diungkapkan teman-temannya yang sedang ‘nongkrong’ di sebuah kafe di Jalan Jamin Ginting, Medan.

Sumber : KabarMedan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here