Toke Seum : Qanun Sudah Ada Jalankan

0
727

Chapnews.id, Langsa – Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE yang akrab disapa Toke Seum, menegaskan, Pemerintah Kota Langsa telah memiliki qanun (Peraturan daerah) tentang jam malam bagi siswa dan anak usia sekolah, untuk dapat dijalankan dengan baik.

“Kita sudah ada qanun, maka diminta kepada dinas terkait untuk menjalankannya sesuai aturan tersebut,”tegas Toke Seum usai shalat subuh berjamaah di Gampong (desa) Alue Pineng Timue, Sabtu, (5/10).

Dijelaskan, Qanun Nomor : 3 tahun 2016 sudah sangat jelas diatur bahwa siswa dan anak usia sekolah dilarang berkeliaran di luar rumah pada malam hari kecuali pergi atau pulang dari tempat belajar mengaji dan itupun tidak boleh melewati sekitar pukul 22.00 WIB.

“Kalau melewati sekitar pukul 22.00 WIB harus didampingi oleh keluarganya dan qanun tersebut telah kita sosialisasikan ke sekolah-sekolah dan gampong,”ujarnya.

Diharapkan, kepada pihak orang tua dan geuchik serta perangkat gampong untuk sama-sama dan bekerjasama agar siswa dan anak usia sekolah dapat dipastikan belajar mengaji bakda salat Magrib, baik di masjid, meunasah/ mushalla maupun di rumah rumah warga.

“Pak geuchik dan perangkat gampong diharapkan dapat berperan aktif dalam pembinaan pengajian bakda Magrib,”harapnya.

Toke Seum menambahkan, tinggal para geuchik untuk lebih serius melaksanakan pengajian bakda Magrib. Dengan aktifnya pengajian ini dapat dipastikan anak usia sekolah dapat teraminilisir berkeliaran di luar rumah, baik berada di kafe, warung internet (Warnet), playstation dan tempat tempat lainnya.

“Petugas Satpol-PP Dan WH untuk lebih aktif menggelar patroli di tempat-tempat yang rawan berkumpul siswa dan anak usia sekolah di malam hari, “pinta Toke Seum. (CN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here