Website dan SMS Sebagai Aplikasi Pengaduan Masyarakat

0
294

Chapnews.id – LANGSA, Untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan informasi dan pengaduannya, Pemko Langsa melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, menyediakan aplikasi melalui via-website dan SMS.

“Aplikasi kita sediakan untuk permudah masyarakat dalam memyampaikan laporan, informasi maupun pengaduan terkait dengan program kegiatan Pemko Langsa,”jelas Kepala Diskominfo serempat, Yanis Prianto, SE.MSi, kepada Chapnews,Kamis (10/10/2019).

Dikatakan, program kegiatan itu juga berupa dengan pelayanan publik seperti adanya sampah yang belum diangkat, pelayanan rumah sakit umum daerah (RSUD) Langsa maupun Puskesmas, pembuatan e-KTP yang berbelit-belit, air PDAM macet dan lainnya.

Kemudian, laporan pengaduan masyarakat nantinya harus diproses oleh admin pusat (Pemko Langsa-red) paling telat tiga hari dan nantinya selama lima hari harus dijawab atas laporan pengaduan masyarakat.Namun, bila Pemko Langsa tidak menanggapi laporan pengaduan masyarakat selama 20 hari Ombusmand Republik Indonesia menegur Pemko Langsa.

Adapun cara dengan menyampaikan informasi maupun pengaduannya melalui website membuka link www.lapor.go.id.Sedangkan, via-SMS yakni dengan formatnya LANGSA spasi isi laporan/aspirasi kirim 1708.

“Namun, untuk lebih mudah lagi masyarakat yang telah menggunakan android dengan cara mendownloadnya di Playstore secara gratis nanti akan muncul aplikasi e-Lapor,”jelasnya.

Lebih lanjut Yanis mengatakan, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik,Pemerintah telah melakukan berbagai langkah upaya perbaikan pelayanan publik secara berkesinambungan demi terwujudnya pelayanan publik yang prima.

Salah satu upaya perbaikan kualitas pelayanan publik adalah dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat menyampaikan pengaduan atas pelayanan yang diberikan oleh penyelenggaraan negara.

Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor : 25 tahun 2009 Pasal 36 dan 37 tentang pelayanan publik mengamanatkan penyelenggaraan negara wajib memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memberikan masukan kepada penyelenggaraan negara atas pemberiaan layanannya.

Karenanya, pengelolaan pengaduan harus dilaksanakan dengan baik antara lain menyediakan sarana pengaduan, menugaskan petugas penerima pengaduan yang berkompeten dalam hal menangani pengaduan dan menindaklanjutinya.

Diharapkan, dengan adanya aplikasi pengaduan ini masyarakat mengenai pelayanan publik dapat ditangani dengan cepat, transparan dan akuntabel sesuai dengan kewenangan masing-masing penyelenggaraan negara. (CN07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here