Antisipasi Kekeringan Air, TNI Bersama Warga Bangun Sumur Bor

0
113

Chapnews.id, Aceh Timur – Akibat musim kemarau berkepanjangan membuat para petani mengalami kekeringan sawah.

Kondisi ini berdampak buruk kepada petani, karena kesulitan mencari air untuk padinya.

“Untuk mengatasi ini, kami mencoba berpartisipasi dengan membangun sumur bor bersama masyarakat”ujar Babinsa 13 Peureulak Timur, Pelda Baharuddin, kepada Chapnews, Jum’at, (18/10).

Menurutnya, petani di wilayahnya saat ini sangatlah kewalahan dalam melakukan pengairan tanaman, karena ketersediaan sumber air yang semakin terbatas.

Jadi, untuk mengatasi masalah ini, berbagai upaya dilakukan untuk mencegah agar tanaman padi tidak mengalami kekeringan. Salah satunya adalah upaya Batuud Ramil 13/Peureulak Timur Kodim 0104/Aceh Timur, Pelda Baharuddin bersama petani di Desa Seuneubok Jalan, Kecamatan Peureulak Timur, Kabupaten Aceh Timur, yang patut dicontoh mengatasi masalah air dengan membuat sumur bor.

Sumur bor yang digali itu khusus diperuntukkan untuk mengairi air ke persawahan menggunakan mesin pompa air milik warga.Selama musim kemarau, persawahan di dusun tersebut mengalami kekeringan.

Lebih lanjut Pelda Baharuddin mengatakan, selain sawah tadah hujan, sebagian besar lahan persawahan di wilayah Kecamatan Peureulak Timur, bersumber dari pengairan irigasi, namun saat ini beberapa saluran irigasi mengalami kekeringan.

Untuk memgatasi persoalan ini kita menyarankan kepada para petani untuk mengairi lahan sawahnya, melalui sumur biasa maupun pembuatan sumur bor dengan menggunakan mesin pompa air dengan cara menyedot air.

“Kami menyarankan kepada petani untuk menggali sumur bor sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan kekeringan lahan sawah, sehingga tidak perlu khawatir karena musim kemarau,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Geuchik Seuneubok Jalan, Maryam, mengucapkan terima kasih atas kepedulian TNI Koramil 13/Peuerulak Timur yang telah ikut bersama-sama dalam pengerjaan pembuatan sumur bor ini, guna mendukung swasembada pangan Nasional yang dicanangkan Pemerintah setempat.(CN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here