Bonsai Hobi Sejak Kuliah

0
489

Chapnews.id – Langsa, Memulai usaha bonsai ini adalah hobi sejak kuliah di STIK Pante Kulu, namun baru setelah lulus tahun 1986 memulai usaha ini

Awalnya kecil-kecilan saja di rumah, namun setelah digeluti ternyata bonsai memiliki nilai ekonomis tinggi. Terkadang pembeli tidak memiliki harga khusus, saat dia suka maka dia akan membelinya.

Demikian ungkap, Ketua Komunitas Bongsai Kota Langsa, Irsal, kepada Chapnews, Sabtu,(19/10) di sekretariatnya TM Bahrum.

Menurutnya, setelah beberapa tahun menajalani usaha ini sendiri, akhirnya baru tahun 2019 ini kami membentuk sebuah wadah organisasi yang kita beri nama Komunitas Bonsai Kota Langsa.

Berbagai bonsai yang kita kembangkan antara lain jenis, anting putri, buxus, legundi, beringin benjamina, lohan sung, kawista, asam jawa, serut, cianci, gulugomantung, seribu bintang, hokiantea,  beringin cemeng, beringin iprik, kupa landak antau anggur brazil, kemuning dan lain-lain.

“semua tamanan yang kami kembangkan adalah yang ada di daerah serta  mudah di dapat.” Ujar Irsal.

Ditambahkanya, sekarang organisasi kita sudah beranggota kan 34 orang dengan tempat usahanya di rumah masing-masing.

Dan untuk mengembangkan usahanya kami pun sudah mulai melakukan sosialisi dengan membuat pameran baik di kota langsa maupun ke medan.
“Insya Allah usaha kami berjalan dengan baik dan peluangnya kedepan juga sangat bagus” ujar Irsal

Sementara harga sangat bervariatif dari 1 juta hingga puluhan juta tergantung jenis bongsainya.  Dan jenis bonsai yang paling  banyak diminati sekarang adalah,  anting putri.  Pasalnya jenis ini paling  mudah untuk  dibentuk dan tidak mudah diserang hama.

“Kalau tidak ada halangan tanggal 19 s/d 20 Oktober ini buat pameran di Royal Cafe” imbuhnya. (CN01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here