Pakai Kain Sarung, IAIN Langsa Gelar Upacara Peringatan Hari Santri

0
165

Chapnews.id – Langsa, Civitas Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar upacara peringatan Hari Santri tahun 2019, Selasa (22/10), di Halaman Gedung Biro Kampus setempat.

Berbeda dengan pelaksanaan upacara lainnya, pada upacara tersebut terlihat peserta upacara pria mulai dari Rektor, para Wakil Rektor, Dekan, pejabat lainnya sampai petugas kebersihan dan keamanan memakai kain sarung dan peci.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyebutkan, pesantren merupakan laboratorium perdamaian, menurutnya ada beberapa hal mendasar kenapa pesantren disebut sebagai laboratorium perdamaian, pertama kesadaran harmoni beragama dan berbangsa.

Kemudian, metode mengaji dan mengkaji. Para santri biasa diajarkan untuk khidmah (pengabdian). “Ini merupakan ruh dan prinsip loyalitas santri yang dibingkai dalam paradigma etika agama dan realitas kebutuhan sosial,” ucapnya.

Keempat, pendidikan kemandirian, kerjasama dan saling membantu dikalangan santri. Kelima, gerakan komunitas seperti kesenian  dan tumbuh subur dipesantren.

Keenam, lahirnya beragam kelompok diskusi dalam skala kecil maupun besar untuk membahas hal-hal remeh  sampai yang serius.”Dialog kelompok membentuk santri berkarakter terbuka terhadap hal-hal berbeda dan  baru,” jelasnya.

Ketujuh, merawat khazanah kearifan lokal. Kedelapan, prinsip maslahat    (kepentingan umum) merupakan pegangan yang sudah tidak bisa  ditawar lagi oleh kalangan pesantren.

Kesembilan, penanaman spiritual. Dalam hal ini, tidak hanya soal  hukum Islam (fikih) yang didalami, banyak pesantren juga melatih para santrinya  untuk tazkiyatunnajs yaitu  proses pembersihan hati.

Upacara peringatan Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober ini berlangsung khitmad dan diikuti oleh pimpinan Rektorat, Dekan, dosen dan pegawai lainnya serta maha Santri Ma’had Al Jamiáh kampus setempat. (CN03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here