Pasca TMMD ke-107, Geliat Warga Dusun Leupon Makin Terasa

0
81

Chapnews.id, Aceh Timur-Pasca TMMD ke 107 geliat warga Dusun Leupon, Gampong Buket Kuta, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur makin terasa. Pasalnya, TNI Manunggal ada pembuka jalan bagi masyarakat.

“Kita mulai merasakan indahnya dunia, pasca TMMD ke 107 membuka jalan bagi masyarakat”  demikian ungkap  salah seorang tokoh masyarakat setempat, Usman Syarif (71) kepada wartawan, Minggu, (22/03/3020) yang tinggal di Dusun tersebut sejak tahun 1982.

Menurutnya,   keadaan di Dusun Leupon telah berubah dan perubahan itu sangat nyata dirasakan saat Satgas TMMD Kodim 0104 Aceh Timur turun  membantu warga  dengan membangun jalan penghubung antara Dusun Leupon Gampong Buket Kuta, Kecamatan Peudawa dengan  Gampong Tanjung Tani, Kecamatan Rantau Peureulak.

Bagi masyarakat jalan adalah urat nadi yang sehari-hari dilalui untuk beraktifitas. Semula jalan tersebut,  tanah berlumpur saat musim hujan dan hutan, namun saat ini  sudah membuka banyak akses.

Selanjutnya, jalan penghubung sepanjang 4200 meter dengan lebar 4 meter kini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Dan anak-anak sekolah pun dengan nyaman bisa berjalan kaki ataupun bersepeda berangkat atau pulang sekolah. Selain itu peluang bisnis pun mulai terbuka, sehingga perekonomian dapat tumbuh dengan pesat disana  dan ini merupakan perubahan yang dinanti oleh warga Dusun Leupon sejak lama.

“Terima kasih kami ucapkan untuk Satgas TMMD yang telah berbuat banyak untuk kemajuan daerah kami” ujar Usman Syarif.

Sementara itu, Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) selaku Dansatgas mengatakan bahwa TMMD merupakan bukti nyata kepedulian TNI terhadap masyarakat dalam membangun daerah.

Satgas TMMD selain membangun jalan dan gorong-gorong, pembangunan Meunasah, serta pembangunan sarana olahraga, merupakan program nasional yang sudah ke-107 tahun ini, mendorong pembangunan daerah tertinggal dengan manfaat programnya yang betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

Kadus Dusun Lupon, Hermansyah menyampaikan terimakasih atas kerja personel Satgas TMMD yang telah berusaha keras mewujudkan keinginan masyarakat dengan  pembangunan infrastuktur jalan penghubung sepanjang 4200 meter antara Dusun Leupon dengan  Gampong Tanjung Tani.

“Warga tidak perlu lagi memutar jalan untuk sampai ke Pasar Tradisional Rantau Peureulak  hanya sekedar belanja Sembako ataupun mengantar anak sekolah” ujarnya.

Manfaat program TMMD, nantinya akan dirasakan seluruh warga. Pergerakan ekonomi sebelumnya terbentur infrastruktur, kini tidak lagi menjadi persoalan.

Selain pembangunan fisik TMMD juga menyasar nonfisik seperti penyuluhan pemahaman wawasan kebangsaan terhadap masyarakat dengan tujuan menumbuhkan rasa cinta tanah air serta jiwa nasionalisme generasi penerus bangsa.

Kesadaran masyarakat memahami pentingnya pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara harus terus dipupuk. Pelajar, Mahasiswa termasuk kelompok rawan yang mesti perioritas pembinaan, apalagi dengan kondisi kemajemukan, yang jika tidak disikapi secara arif maka akan berakibat pada hal-hal yang dapat memicu perpecahan.

Menurutnya, secara keseluruhan kegiatan TMMD ke 107 baik fisik dan nonfisik diharapkan dapat menciptakan perubahan luar biasa bagi masyarakat. Fan wejatinya TNI akan selalu bersama rakyat dalam konteks kepentingan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Senantiasa mengoptimalkan TMMD sebagai langkah nyata mewujudkan harapan masyarakat sehingga TNI selalu mencintai dan cintai rakyat. imbuhnya. (CN01)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here