Jauhari Amin Desak Pemerintah Aceh Buka Posko di Perbatasan

0
223

Chapnews.id, Langsa –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh H Jauhari Amin, SH. MH mendesak Pemerintah Aceh segera membukw  posko kesehatan di perbatasan Aceh Tamiang dan Sumatera Utara untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) masuk ke wilayah Aceh.

“Pemerintah Aceh  segera mendirikan posko kesehatan untuk memantau warga yang keluar masuk ke wilayah Aceh, hal ini merupakan kebutuhan urgen untuk mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona,” ungkap Jauhari Amin kepada wartawan di Langsa, Selasa,  (24/03/2020).

Menurutnya, setiap warga yang masuk ke wilayah Aceh harus diperiksa kesehatannya. Jika ditemukan langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan di Lhokseumawe dan Banda Aceh.

“Jangan tiba-tiba ada warga terinfeksi Virus Corona masuk ke wilayah Aceh, baru pemerintah sibuk mengantisipasinya,” ujarnya.

Dan sampai saat ini banyak kasus ditemukan di berbagai kab/kota masih sebatas Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pantauan (PDP), namun tidak tertutup kemungkinan nanti jika ditemukan korban yang terinfeksi Virus Corona jika kita lalai mengantisipasinya.

“Perbatasan merupakan titik awal sebagai pintu masuknya ke Provinsi Aceh melalui jalur darat, untuk itu perlu segera dibuka posko kesehatan bekerjasama dengan pemerintah daerah, dinas kesehatan, aparat kepolisian dan TNI untuk mengantisipasi jangan meluasnya virus tersebut di wilayah Aceh,” ungkap  Jauhari.

Selanjutnya, Pemerintah Aceh juga diminta harus mendengarkan berbagai keluhan di puskesmas, rumah sakit di kabupaten/kota di Aceh terkait kekosongan peralatan medis, seperti thermo gun, Alat Pelindung Diri (APD), sarung tangan, respirator, hand sanitizer dan masker.

“Ini kebutuhan mendesak yang harus ada untuk penanganan awal sebagai upaya pencegahan Covid-19, namun sayangnya sampai saat ini kebutuhan peralatan medis tersebut minim bahkan tidak ada, seperti yang dialami RSUD Langsa” sebut politisi asal Kota Langsa dan Tamiang ini.

Selain itu juga, Jauhari Amin juga meminta kepada para pengusaha cafe, toko dan lain-lain untuk melengkapi para pegawainya dengan masker untuk mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona di kalangan masyarakat.

“Kita juga tidak ingin, lumpuhnya perekonomian di Kota Langsa dan daerah-daerah lain karena dampak Covid-19 ini. Namun sebagai langkah pencegahan sendini mungkin kiranya para karyawan diberikan masker sebagai pelindung diri agar tidak meluasnya penyebaran Covid-19,” ujarnya lagi.

Jauhari Amin juga  mengharapkan semua pihak untuk sama-sama membentengi diri dari penyebaran Virus Corona agar virus tersebut tidak meluas. “Kurangi aktivitas di luar rumah, mencuci tangan sebelum maupun setelah beraktivitas, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, istirahat yang cukup,  jaga kebersihan pribadi dan lingkungan dan gunakan masker bila mengalami batuk, bersin-bersin dan gangguan pernapasan. Imbuhnya. (CN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here