TP PKK Kota Langsa Ajarkan  Cara Membuat Antiseptic

0
143

Chapnews.id, Langsa – Akibat langka dan tingginya harga cairan pembersih tangan (hand sanitizer) membuat ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kota Langsa berinisiatif untuk turun mengajarkan cara membuat antiseptik dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid 19, Kamis (26/03/2020).

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakil Ketua PKK , Nurhanifah Yatim Amk yang didampingi oleh anggota PKK  PokJa IV mendatangi Masjid Bukit Meutuwah di Kecamatan Langsa timur untuk membuat antiseptic pada pukul 10.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan itu Camat Langsa Timur, Hendri Sunandar dan Geuchik Gampong Buket Meutuwah
Yasir.

Menurutnya, saat virus corona makin mewabah, harga hand sanitizer melambung dan sulit didapat, Atas dasar itu, akhirnya kami memutuskan untuk mengajari cara  membuat sendiri antiseptic kata Nurhanifah .

Ikut dijelaskan , agar dilakukan penyemprotan seperti pada  gagang pintu, gagang tangga, meja makan, saklar lampu, keran air, dan lainnya

Pembuatan antiseptic sangatlah mudah dengan cara mencampurkan 90 ml bayclin untuk 900 ml air bersih serta semprot ke permukaan peralatan ygsering di sentuh minimal 2 kali sehari

Sementara itu juga di sampaikan apabila tidak ada bayclin bisa menggunakan pemutih lainnya.

“Kita berharap apa yang kita sampaikan kepada Camat dan geuchik nantinya dapat di beritahukan kepada masyarakat dengan tidak memgumpulkan masyarakat di suatu tempat mengingat kita khawatirkan resiko terpapar Covid 19” kata Nurhanifah.

Camat Langsa Timur , Hendri Sunandar  memberikan apresiasi dan kepada kader PKK Kota Langsa  yang memiliki inisiatif membuat antiseptic saat mengalami kelangkaan.

“Mudah-mudahan, pembuatan home made antiseptic ini menjadi wawasan baru bagi masyarakat , selain semakin mengingatkan kita semua untuk selalu menjaga kebersihan tangan,” kata Camat Langsa Timur.

TP PKK Kota Langsa juga menempel dan menyerahkan brosur  terkait sosialisasi cara mencuci tangan serta informasi terkait virus Covid 19.(fitrie)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here