Darwati Rutin Donor Darah

0
146

Chapnews.id, Banda Aceh – Ditengah pandemi Virus Corona , Politisi Perempuan Aceh , Darwati A.Gani mendatangi UTD Palang Merah Indonesia Banda Aceh untuk mendonorkan darahnya, Senin (30/03/2020)

“Ibu Darwati A Gani salah seorang pendonor yang rutin mendatangi UTD PMI Banda Aceh” Demikian ungkap,  Kepala Markas PMI Kota Banda Aceh, Safriadi Ibrahim membenarkan bahwa pukul 09.30 Wib pihaknya kedatangan tamu anggota DPRA dari Partai PNA yang akan mendonorkan darahnya di markas kita .

Dijelaskan bahwa prosedur donor darah tetap sama seperti sebelum adanya wabah covid 19 ini, hanya ada beberapa tambahan protokol donor darah, misalnya pendonor di cek suhu tubuh, wajib mengisi formulir yg memuat beberapa informasi kesehatan pendonor serta riwayat perjalannya dua minggu terakhir.

Apabila suhu tubuh di bawah 37,5 derajat celsius, maka calon pendonor akan diminta mengisi formulir self assesment dan formulir donor darah, ujar Safriadi Ibrahim .

Namun apabila sebaliknya, maka kita akan menolak pendonor, demi menghindari penyebaran COVID-19 saat berdonor darah.

Ditambahkannya, yang  berkunjung ke Unit Transfusi Darah PMI juga tidak diperbolehkan  secara beramai- ramai, selain itu tempat duduk juga sudah diatur jaraknya.

Menurutnya , pendonor nantinya dianjurkan untuk membersihkan tangan dengan pembersih tangan. Selama antri dan mengisi formulir, akan diberikan jarak minimal satu meter untuk meminimalisir penularan COVID-19.
“Dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan, riwayat berpergian dan faktor resiko lain terkait infeksi Covid-19,” kata Safriadi yang juga mantan Ketua Badko HMI Aceh ini.

Sementara itu , Safriadi menyampaikan jika baru bepergian ke luar negeri atau negara yang terjangkit Covid-19 atau kontak dengan pasien Covid-19 dan merasa kurang sehat sebaiknya menunda donor, ujarnya.
” Kita sudah terapkan protocol pencegahan covid-19  bagi pendonor darah” tegas Safriadi.

“Terima kasih kepada Ibu Darwati A. Gani atas donasi darahnya serta sayuran segar yang telah di sumbangkan untuk relawan PMI  Kota Banda Aceh yang bertugas melakukan penyemprotan desinfektan di Banda Aceh” paparnya.

Ditambahkanya, ada  ketentuan di PMI  piagam diberikan untuk pendonor  10,25,50,75 dan 100. Dan Bu Darwati salah satu pendonor rutin di PMI Banda Aceh.

” sudah  donor 16 kali dan tadi  kita berikan piagam donor 10 kali” ujar Safriadi Ibrahim.

Tampak Dirlantas Polda Aceh , Kombes Dicky Sondani juga ikut mendonorkan darahnya di hari yang sama.(fitrie).

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here