Kautsar Setuju Bandara di Tutup

0
295

Chapnews.id, Banda Aceh – Pemerintah pusat positif tidak menerapkan karantina wilayah,  tidak menerapkan lockdown,  Artinya Rakyat Indonesia bebas bepergian dari satu Provinsi ke Provinsi lain dengan memperhatikan protokol keselamatan Covid 19.

“Saya  setuju bandara untuk sementara waktu di off kan” demikian Ungkap, Mantan Anggota DPR Aceh,   Kautsar Muhammad Yus, Rabu(01/04/2020)

Menurutnya , Aceh  saat ini masih terhitung kecil dalam hal terinfeksi corona. Para korban Corona di Aceh baik yang meninggal maupun yang masih berstatus PDP semua berlatar belakang perjalanan dari luar Aceh dan itu  artinya mereka terinfeksi di luar lalu dibawa masuk ke Aceh.

Dijelaskannya, virus corona lahir dan berkembang awalnya dari luar Aceh, selanjutnya akan berkembang di Aceh dengan bawaan manusia yang datang dari luar Aceh, khususnya dari daerah yang angka terifeksinya tinggi semisal pulau Jawa dan luar negeri.

“Yang membawa Virus Corona itu  bisa orang Aceh dan juga bisa pendatang bukan orang Aceh” tegas Kautsar.

Ditambahkannya, hanya ada satu cara efektif mengurangi laju penyebaran wabah yaitu menutup bandar udara di seluruh Aceh kecuali untuk kepentingan logistik, keamanan dan pertahanan. Serta mengaktifkan pemerintahan Gampong untuk mengontrol warganya yang baru pulang dari Jakarta dan Luar Negeri baik menggunakan jalur belakang (ilegal) maupun jalur darat dari Kota  Medan.

Selanjutnya, Muhammad Kautsar mengatakan Pemerintah Aceh sudah benar melarang warga negara asing masuk ke Aceh. “Sudah benar karena menghimbau masyarakat Aceh yang berada diluar untuk tidak pulang dulu ke Aceh, namun ini himbauan yang bisa dipatuhi dan bisa tidak” papar nya .

Sementara itu , Kautsar menyebutkan alangkah baik apabila Pemerintah Pusat segera membatalkan penerbangan ke Aceh. “Kewenangan pengaturan bandara ada ditangan Pemerintah Pusat. Dalam hal ini Menteri Perhubungan” katanya .

Biaya mengendalikan mobilitas penduduk dari luar ke dalam dan dari dalam keluar provinsi juga lebih irit dan efektif dari pada me-lockdown-kan masyarakat didalam rumah. tegas Kautsar.

“Apakah Gubernur Aceh sudah mengusulkan ke pusat atau belum?  Jika sudah diusulkan  namun  Pemerintah Pusat tidak setuju tentu hal ini menjadi tidak baik karena dapat menimbulkan ketegangan baru antara pemerintah Pusat dan Daerah ” ujar Kautsar yang juga mantan ketua Fraksi Partai Aceh.

Meski begitu, sebagai masyarakat biasa saya mengusulkan kepada Pemerintah Pusat agar dapat menutup Bandara di Aceh sebab mudharatnya lebih besar daripada keuntungannya kepada republik ini. Imbuhnya. (fitrie).

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here