755 Pendaftar SKPP Di Aceh

0
408

Chapnews.id, Banda Aceh – Pendaftar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) secara daring dari Provinsi Aceh yang dibuka oleh Bawaslu RI pada 5-8 April 2020 mencapai 755 orang, meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19.

Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat, antar Lembaga (PHL)  Bawaslu Aceh, Marini menyampaikan Jumlah pendaftar itu terdiri dari 519 laki-laki dan 236 perempuan, serta tersebar di 23 kabupaten/kota, Banda Aceh, Sabtu (11/04/2020).

Ia mengemukakan kabupaten/kota yang jumlah pendaftarnya terbilang banyak antara lain Kabupaten Aceh Utara 104 orang dan jumlah total seluruh Indonesia 20.665 orang.

Dijelaskan, bahwa pandemi COVID-19 mengharuskan penerapan pembatasan sosial dan jaga jarak ini tidak membuat Bawaslu berhenti melakukan upaya-upaya pendidikan pemilih dan pencegahan pelanggaran Pilkada.

Bawaslu akan menggelar SKPP secara daring yang akan diselenggarakan mulai Mei 2020.
Ikut dijelaskan SKPP secara daring adalah sarana pendidikan pemilu dan pilkada serta pengawasannya bagi masyarakat dan Bawaslu berupaya menyediakan fasilitas yang baik serta optimal bagi masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan melakukan pengawasan partisipatif, ungkap Marini.

Menurutnya , SKPP secara daring diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis tentang pengawasan bagi kader-kader pengawas dan pemantau pemilu serta sarana berbagi pengetahuan dan keterampilan tentang partisipasi masyarakat.

Ditambahkannya , Dengan menggunakan teknologi informasi dan media sosial, SKPP secara daring menjadi jalan keluar dari keterbatasan ruang dan waktu dalam penguatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu serta pilkada.

“Tujuan penyelenggaraan SKPP secara daring adalah untuk meningkatkan pengawasan partisipatif pemilu dan pilkada oleh masyarakat. Pengawasan partisipatif tersebut merupakan hasil dari semakin banyak pihak yang mengetahui tugas, pokok dan fungsi pengawasan pemilu dan pilkada,”imbuhnya.(fitrie)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here