Gampong Meurandeh Aceh Bantu Santri Mondok

0
395

Chapnews.id, Langsa – Gampong Meurandeh Aceh  menyalurkan bantuan sembako  dan  uang tunai kepada santriwan/santriwati sedang  mondok di dayah atau pasantren yang ada di  Langsa maupun di luar Kota Langsa, Senin(13/04/2020).

” Pemberian bantuan berupa uang tunai Rp 850.000 dan beras satu sak,  merupakan bagian dari program Gampong Meurandeh Aceh yang telah disepakati dalam Musrembang Gampong” ujar Geuchik Meurandeh Aceh, Tgk Asnawi, kepada wartawan disela-sela acara tersebut.

Menurutnya, semoga bantuan yang kita  salurkan ini dapat digunakan para santri selama pulang ke rumah orang tuanya. Dan untuk kali ini kita  bantu  kepada 16 santriwan / santriwati sedang modok di dayah – dayah yang tersebar di Aceh.

Selanjutnya, program bantuan kepada santri sedangbmondok ini merupakan salah satu agenda rutin Gampong Meurandeh Aceh dalam rangka pencapaian Visi Gampong mewujudkan Gampong Meurandeh Aceh sebagai gampong cerdas, mandiri dan islami.

Jadi  dengan memberikan bantuan kepada santri kita berharap kedepan para santri tersebut menjadi pilar bagi penegakkan syariat islam di gampong.

“Kita akan terus berupaya untuk memperhatikan para santri
sedang mondok di dayah atau pesantren ini, bahkan  bantuan tersebut sudah berjalan selama 3 tahun” ujar Tgk Nawi.

Ditambahkanya, kita  akan terus berupaya agar biaya untuk santriwan- santriwati tetap ada  dan mengalokasikan dana secara ruti untuk pengadaan kitab – kitab yang dibutuhkan oleh santri secara umum.

Ini adalah program mulia ,  Santriwan-santriwati adalah aset Aceh khususnya Langsa yang termahal. Bila kita meninggal nantinya mereka yang memandikan, mengkafan dan berdo’a untuk kita semua.

“Bila Aceh tanpa santri seperti malam tanpa cahaya lampu. Oleh karna itu, perhatikan lah mereka yang sedang menimba ilmu Agama di Dayah atau Pesantren ” Sebutnya lagi.

Selanjutnya dikatakan , buat apa bangunan gedung tinggi mencakar langit dan Infrastruktur, bila para santri tidak di berdayakan, itu sama seperti memiliki kekayaan berlimpah, tapi kita kelaparan, kata pria yang juga merupakan alumni dayah ini .

Tgk Asnawi berharap semoga bantuan ini bermanfaat bagi santri yang sedang menimba ilmu agama di dayah atau pesantren ujarnya.(fitrie)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here