Disdukcapil  Layani Masyarakat Melalui Online

0
112

Chapnews.id, Langsa — Dalam upaya mencegah dan memutus rantai Virus Covid 19,  Disdukcapil Langsa mulai melayani  masyarakat melalui online.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Langsa, Drs. H. Ibrahim Latif MM, wartawan, Senin, (27/04/2020) melalui hp selularnya  mengatakan, untuk mencegah penyebaran virus corona (covid 19) Disdukcapil kota Langsa terhitung sejak tanggal  28 April 2020 sudah melayani masyarakat dalam pengurusan ktp el dan administrasi kependudukan lainnya melalui Online atau dengan  WA tidak lagi dilakukan pelayanan secara  manual.

Kebijakan ini diambil dalam rangka memberi ruang kepada masyarakat untuk mengurus KTP El dan administrasi kependudukan lainnya. Dan ini menyahuti isue virus corona yang menyerang negara kita.

Selanjutnya menjelaskan, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor  Dukcapil, masyarakat di rumah saja. “Biar kami yang bekerja, “ujar Ibrahim Latif atau yang sering disapa Wak Him.

Jadi  mengapa harus online agar masyarakat tidak terkumpul di kantor. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan maka kami ambil cara online saja.

Ditambahkanya, ada pun cara mengurus ktp el dan administrasi kependudukan lainnya melalui Online/ WA adalah sangat mudah, yaitu dengan cara pemohon melengkapi berkas sesuai dengan persyaratan, berkas dikirim via WA ke nomor masing masing petugas sesuai dengan pelayanan untuk ktp, kk, kia, surat pindah,   tinggal WA ke nomor  082361168978.

Untuk pelayanan catatan sipil seperti akte kelahiran, akte kematian, akte perkawinan/ perceraian dan perubahan status anak dapat menghubungi WA 082361168976. Berkas yg berbentuk file Pdf  dengan menggunakan aplikasi camscannero (aplikasi dapat didownload playstore).

Apabila ada permasalahan atau dokumen sudah selesai, petugas Dukcapil akan menghubungi ke nomor WA pemohon ,(masyarakat). Pada saat mengambil dokumen, pemohon (masyarakat) harap membawa berkas. Ujar Wak Him.

Ibrahim Latif  menambahkan, dalam pengurusan ktp el dan administrasi kependudukan lainnya tidak dipungut biaya apapun dari masyarakat alias gratis. Diharapkan kepada masyarakat untuk tidak mengurus melalui calo. Kalau merasa kesulitan dalam menggunakan aplikasi (online/ WA) masyarakat dapat meminta bantu kepada petugas register yang ada di gampong masing masing.

“Kalau masyarakat merasa dirugikan, dipersulit dan atau dipungli dalam hal pengurusan ktp el dan administrasi kependudukan lainnya harap melapor atau menghubungi nomor WA saya langsung yaitu nomor 082300033363, “imbuh Wak Him.

Petugas Dukcapil atau register yang mempersulit masyarakat, dan atau meminta uang dan lain sebagainya pasti kita tindak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Imbuhnya.(CN01)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here