Warga Blokir Jalam Menuju Proyek Irigasi Alue Gurutut

0
431

Chapnews.id, Bireuen –  Masyarakat Desa Batee Dabai dan Alue Dua Kecamatan Makmur memblokir  jalan lintas menuju pekerjaan proyek irigasi Alue gurutut, Selasa, (28/04/2020).

Ketua Pemuda Gampong Batee Dabai, Suhardi mengatakan apa yang  dilakukan  masyarakat karena tidak sesuai dengan rencana awal,   bahwa perencanan awal air irigasi Alue Gurutut akan mengalir ke desa  Batee Dabai, Alue dua dan seterusnya dalam kecamatan Makmur, Gandapura dan kuta Blang.

Namun hari ini jalur irigasi tersebut sudah berubah, untuk itu  maka kami melakukan penyegelan jalan agar pemerintah tahu apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Ujarnya.

Sementara itu Keuchik Gampong Batee Dabai,  M. Yunus mengatakan selaku kepala desa tidak melarang pihak kontraktor untuk bekerja tetapi saya juga tidak bisa melarang apa yang dikehendaki masyarakat,  apa lagi masyarakat Alue Dua karena masyarakat sudah terlanjur mengharapkan air mengalir lewat desa kami.

Sedikit sudah kita jelaskan perencanaan dasar irigasi Alue gurutut   bahwa kami kumpulkan uang perdesa lebih kurang 4 juta, untuk membeli tanah waduk.

Dimana sebagian tanah tersebut,  di hibah oleh masyarakat Alue Dua selaku pemilik kebun,  karena mengingat air akan mengalir untuk Desa Batee Dabai, Alue dua dan seterusnya.

” kita juga sangat menyesali, hari ini  bendungan tersebut  sudah jadi namun  air  tidak mengalir ketempat kami, sedih rasanya” imbuhnya. (CN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here