Kepala Desa Siti Ambia Singkil Lakukan Padat Karya Tunai

0
131

Chapnews.id, Aceh Singkil – Susahnya warga melakukan aktivitas diluar rumah akibat dampak wabah pandemi Corona virus Covid 19 yang sampai saat ini belum dapat tertangani membuat Kepala Desa Siti Ambia Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil Makmur membuat kegiatan padat karya tunai agar warganya bisa mendapat penghasilan.

Hal ini dilakukannya mengingat sistem padat karya tunai dapat dijadikan suatu kegiatan yang bermanfaat serta langsung berdampak pada masyarakat itu sendiri.

“Dimulai pada hari sabtu (9/5) kemarin, dengan melibatkan pekerja sebanyak 218 orang melakukan gotong royong yang memanfaatkan program padat karya tunai, sehingga nantinya para masyarakat yang ikut bisa mendapat penghasilan,” Ucap Marwan selaku Kaur Pembangunan Desa Siti Ambia kepada Wartawan Minggu (10 /5/2020).

Marwan mengtakan Desa yang bermukim di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) itu, dihuni 480 Kepala Keluarga (KK) atau 2082 jiwa penduduk yang mayoritas berprofesi Nelayan Sungai dan sebahagian tukang bangunan.

Untuk kegiatan tersebut, difokuskan pada pembersihan parit dan pekarangan, guna mencegah masuknya penyakit menular virus Corona (Covi-19).

Khusus Trandas Desa Siti Ambia Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil Dusun Satu dan Empat. kegiatan tersebut akan berlangsung selama 7 hari kedepan, ”

“Sementara untuk Dusun Dua dan Tiga tepatnya di daerah Pekan Senin berlangsung sekitar 4 hari, Ungkap Marwan.

Lanjut Marwan, Antusias warga Desa Siti Ambia tersebut sangat banyak walau keadaan puasa, ”

Kita coba memberdayakan masyarakat kampong agar mendapat penghasilan di bulan yang penuh berkah ini. Mengingat kondisi dunia yang dilanda wabah sangat berdampak pada ekonomi warga disini. Mereka mengeluhkan akan adanya wabah Corona ini, mengakibatkan para warga takut melakukan aktivitas dengan leluasa di luar rumah,” imbuhnya.

Jadi ucap Marwan, dengan adanya program padat karya tunai pagu yang digunakan sebesar 132 juta dari Dana Desa ini, para masyarakat sedikit terbantu ekonominya

“Selain mengantisipasi para pendatang dari luar desa, kita juga terus melakukan upaya pencegahan masuknya wabah Virus Corona ini. Dengan cara melakukan penyemprotan rutin serta memberlakukan penjagaan posko Siaga Covid-19 setiap harinya,” kata Marwan.

Marwan sangat mendukung dengan adanya kegitan padat karya tunai ini, selain lingkungan bersih dan terhindar dari virus corona, selain itu masyarakat juga terbantu bisa membili paket sembako, “Pungkasnya. (Saidi)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here