Orang Gila Pun Wajib Miliki KTP Elektronik

0
225

Chapnews.id, Langsa – Orang gila pun wajib memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Elektronik dan dokumen administrasi kependudukan lainnya,  apalagi orang waras tentu wajub  memilikinya.

Demikian ungkap, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif MM atau yang sering disapa Wak Him kepada sejumlah awak media, Sabtu (13/06/2020) di Langsa.

Menurutnya,  kalau orang gila saja berhak memiliki ktp el dan administrasi kependudukan lainnya konon lagi orang yang waras maka lebih wajib lagi memilikinya. Maka kita terus mengkampanyekan, setiap warga negara wajib memiliki KTP Elektrinik dan administrasi kependudukan lainnya.

“Orang yg memiliki gangguan jiwa berhak mendapatkan KTP Elektronik  sesuai dengan UU  No 24 tahun 2013 tentang  administrasi kependudukan. Dalam  pasal 63 ayat  1 dijelaskan bahwa smua wrga negara wajib memiliki KTP Elektronik apapun kondisinya” ujar Wak Him.

Selanjutnya,  kita terus mengupayakan dan bekerja sama dengan Keuchik, perangkat gampong dan petugas registrasi penduduk untuk mendata warga yang memiliki dokumen administrasi kependudukan, termasuk orang gila atau orang tak waras.

Ibrahim Latif meminta kepada semua Keuchik, perangkat gampong dan petugas registrasi yang ada di gampong untuk segera melapor ke Disdukcapil apa ada warga yang meninggal dunia dan warga yang melahirkan supaya kita keluarkan akte kematian dan akte kelahiran. Dengan ada data laporan kematian dan laporan kelahiran serta laporan pindah datang penduduk, maka data kependudukan akan valid. (red)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here