Melirik Gampong Meurandeh Aceh Membangun Ketahanan Pangan

0
168

Chapnews.id, Langsa – Setiap Gampong memiliki visi sendiri dalam mengembangkan potensi Gampongnya agar masyarakat tangguh dalam menghadapi wabah covid 19.

Diantaranya memamfaatkan segala sumber daya yang ada digampong tersebut. Namun masih ada sumber daya yang tidak dapat dikelola dengan maksimal karena tanpa sokongan anggaran yang memadai.

Seperti yang dirasakan oleh Gampong Meurandeh Aceh Kecamatan Langsa Lama meski memiliki lahan yang luas, namun tidak dapat dikelola dengan maksimal karena anggaran terbatas.

Sekedar  informasi, Gampong Meurandeh Aceh Kecamatan Langsa Lama berada disepanjang bantaran bekas sungai langsa. Selain itu Gampong tersebut  juga memiliki lahan yang masih luas tapi belum tergarap secara maksimal.

Belum lagi kelamnya imege Gampomg Meurandeh Aceh yang masuk dalam daftar merah BNN Kota Langsa sebagai daerah penguna dan peredaran narkoba, namun kini sedang berbenah diri menuju gampong tangguh.

Saat ini Gampong Meurandeh Aceh seedang memanfaatkan sumber daya yang ada,  diantarnya embong air seluas 1,2 hektar.

Embong tersebut nantinya dapat dimamfaatkan untuk mengairi sawah warga dan untuk budidaya ikan air tawar.

Selain itu, Gampong Meurandeh Aceh juga memiliki keramba ikan yang memamfaatkan bekas sungai yang sudah tidak berfungsi lagi.

Dibantaran bekas  sungai langsa sepanjang 1km tersebut warga mulai memamfaatkan sebagian lahan tersebut, sementara sisanya ditumbuhi rumput liar.

Gampong Meurandeh Aceh juga memiliki lahan pertanian seluas 10 hektar, namun yang baru digarap hanya 1 hektar saja.

Geuchik Gampong Meurandeh Aceh, Tgk Asnawi mengatakan banyak sumberdaya yang ada digampong,namun belum bisa kita mamfaatkan  secara maksinal karena terkendala anggaran.

Sementara anggaran Gampong,  kita mamfaatkan secara terbatas karena digunakan  untuk keperluan lain untuk kepentingan gampomg.

Kita berharap untuk mengwujudkan semua ini harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah agar semua sumber daya yang ada dapat kita kelola secara maksimal  apalagi  saat menghadapi wabah covid 19 ini.

Sementara itu, Anggota DPR RI dari Komisi IV, Muslim,S.Hi,MM, mengatakan ketahanan pangan dan pengelolaan sumber daya gampong secara maksimal merupakan program prioritas dari Pemerintah Pusat melalui dana Gampong.

Apalagi saat menghadapi wabah corona seperti saat ini, sangat diharapkan pemerintah gampong untuk rapat mengelola segala sumber daya yang dimilikinya.

Musliam menambahkan melalui Komisi IV yang menangani kehutanan dan pertanian ia akan mengupayakan agar gampomg yang memiliki lahan  pertanian yang luas dapat dibantu secara maksinal.

Sehingga dapat membantu pemerintah dalam program ketahanan pangan dan menjadi gampong tangguh dalam menghadapi wabah covid 19. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here