BKPSDM Singkil Sebut Penerimaan CPNS tahun 2021 hanya Untuk Kesehatan dan Tekhnis

0
161

Capnews,id. Aceh Singkil- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil menyebutkan masih kekurangan jumlah aparatur sipil negara (ASN) untuk mengisi kebutuhan jabatan diseluruh bidang.

Sehingga untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut BKPSDM saat ini sedang melakukan pendataan, jabatan dan kualifikasi yang kosong, kemudian akan dilakukan pengusulan untuk kebutuhan CPNS, ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Usulan itu dilakukan berdasarkan undangan coaching clinic saat video conference pada 14-28 Juli 2020, sebagai evaluasi usulan kebutuhan CASN tahun 2021, yakni mengisi kebutuhan jabatan tenaga kesehatan, guru dan tekhnis.

“Saat ini masih penyusunan kebutuhan yang berpedoman kepada peta jabatan di instansi,”Ujar Ali Hasmi didampingi Kasubid Formasi dan Pengadaan BKPSDM Aceh Singkil, Saddam, Kamis (6/8/2020).

Kasubid Formasi dan Pengadaan BKPSDM Aceh Singkil, Saddam menambahkan kemungkinan untuk penerimaan CPNS di tahun mendatang hanya di buka untuk Tenaga Kesehatan dan Tekhnis,  sementara untuk guru di arahkan ke  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Karena kebutuhan CPNS Guru, tenaga kesehatan dan tenaga tekhnis hingga saat ini masih sangat dibutuhkan,”

“Sementara untuk CPNS itu hanya dibuka untuk tenaga kesehatan dan tekhnis, sedangkan P3K diarahkan semua ke guru, jadi di tahun 2021 nanti tidak akan buka formasi CPNS untuk guru,” jelas Saddam didampingi Kepala BKPSDM Aceh Singkil Ali Hasmi dan Kepala Bagian lainnya.

Seperti apa langkah BKPSDM Aceh Singkil dalam memenuhi kebutuhan tenaga guru? Saddam menyebut, syarat untuk menyusun kebutuhan ASN pada Pemkab Aceh Singkil berdasarkan peta jabatan di masing-masing instansi, termasuk dalam penyusunan P3K.

“Jabatan mana yang kosong dan kualifikasi apa yang kosong, yang kosong itulah yang akan diusulkan,” ungkapnya.

Pengusulan akan dilakukan BKPSDM terhadap KemenPAN-RB melalui sistem e-formasi.

BKPSDM memperkirakan kebutuhan guru P3K saat ini pada kisaran diangka 400 orang, dan ini belum final. BKPSDM masih terus melakukan proses penyusunan hingga tahap finalisasi.

Seperti diketahui P3K merupakan bagian dari aparatur sipil negara (ASN). Namun berbeda dari pegawai negeri sipil (PNS), P3K bekerja berdasarkan kontrak kerja dalam kurun waktu tertentu dan tanpa hak pensiun. P3K bisa mendapat pensiun jika bersedia mengiur setiap bulan. Terkait hak keuangan lain sama dengan PNS. (Saidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here