Ekspor Cangkang Sawit Tingkatkan Penerimaan Negara

0
103

Chapnews.id, Langsa – Aktifitas ekspor cangkang sawit  di Pelabuhan Kuala Langsa kita yakini akan meningkatkan penerimaan negara dan ini harus kita dukung penuh.

Demikian ungkap, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Kuala Langsa Tri Hartana lewat rilis yang diterima media ini, Kamis,  (06/08/2020) saat acara seremonial pelepasan ekspor perdana palm kernel shell (cangkang kelapa sawit)  PT Sultana Biomas Indonesia melalui pelabuhan Kuala Langsa.

Sebanyak 7060 MT cangkang kelapa sawit siap untuk diekspor ke Jepang dengan menggunakan mother vessel AMP Princess berbendera Hong Kong.

Kegiatan ekspor kali ini berkontribusi terhadap penerimaan negara dari sektor bea keluar sebesar Rp.722.000.000,- (tujuh ratus dua puluh dua juta rupiah) yang merupakan langkah awal yang sangat baik dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian suatu negara.

“Dengan adanya kegiatan ekspor ini dapat menambah jumlah devisa negara yang nantinya dapat digunakan sebagai alat pembayaran perdagangan internasional, pembelian baran dan jasa, pembayaran hutang,” ujar Tri Hartana.

Menurutnya, dengan diterbitkanya NPE (Nota Pelayanan Ekspor) oleh KPPBC TMP C Kuala Langsa atas pengajuan PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) yang telah diajukan oleh PT Sultana Biomas Indonesia maka secara resmi kegiatan ekspor sudah dapat dilaksanakan.

Dikatakan Tri, saat ini terus gencar dalam mengasistensi serta mendukung dunia usaha dan masyarakat khususnya dibawah wilayah pengawasan Bea Cukai Kuala Langsa agar dapat meningkatkan minat ekspor yang berasal dari potensi alam di wilayah Kota Langsa dan sekitarnya.

Dirinya berharap,  dengan adanya kegiatan ekspor ini dapat meningkatkan aktivitas perekonomian yang ada di pelabuhan Kuala Langsa serta sebagai bentuk implementasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diluncurkan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk memulihkan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here