FPRM Kecam Tour Moge Hambur-Hamburkan Uang

0
139

Chapnews.id, Langsa – Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) mengecam keras pelaksanaan tour moge dalam rangka peringatan Damai Aceh hanya untuk menghambur-hamburkan uang semata.

” Badan Reintegrasi Aceh (BRA) dianggap  disorientasi program”  Denikian ungkap, Ketua FPRM, Nasruddin, kepada Chapnews, Rabu, (12/08/2020).

Menurutnya, kegiatan tour moge ini dinilai kurang tepat,  dimana saat ini situasi Aceh sedang dilanda virus Corona dan kegiatan tersebut juga kami nilai tidak berfaedah menghabis-habiskan uang saja.

Dan yang lebih heran lagi, dari mana timbul pemikiran mereka mengisi kegiatan perdamaian Aceh dengan touring, apakah mereka tidak  berpikir betapa menyayat hati para korban dan  mantan kombatan yang sampai saat ini belum mendapatkan keadilan.

Menurut Nasruddin,  hari damai Aceh seharusnya diperingati dengan lebih arif dan bijaksana. Salah satunya seperti evaluasi program- program yang telah dibuat untuk para korban selama aceh damai apakah sudah tepat sasaran atau belum.

“Evaluasi segala persoalan yang muncul pasca MOU Helsingki apakah butir-butir yang termaktub sudah dipenuhi oleh negara atau belum” sebut Nasruddin lagi.

Selanjutnya, jangan buat program asal-asalan aja, saat ini banyak korban konflik yang belum dipenuhi haknya. Banyak kombatan yang hidup di bawah kemiskinan. Ini sebetulnya yang perlu dilakukan sehingga kedepan ada upaya untuk berbuat lebih baik lagi.

Lembaga BRA itu terbentuk berdasarkan histori yang berbeda dengan lembaga lainnya. Atas dasar itu, program pun harusnya mencerminkan nilai-nilai dan semangat untuk memulihkan  korban.

Lebih baik program Tour Moge ini di batalkan saja dari pada melukai hati masyarakat aceh khususnya para korban konflik di Aceh.

Nasruddin juga berharap kepada Bupati watu Walikota tidak mematuhi surat edaran dari Sekda Aceh agar memfasilitasi perjalanan touring tersebut.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here