Dokumen Kependudukan Dicetak Menggunakan Kertas HVS

0
100

Chapnews.id, Langsa – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa Drs H Ibrahim Latif MM atau yang sering disapa Wak Him mengatakan, semua dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) sudah dicetak menggunakan kertas A4 HVS 80 gram.

“Ini sesuai perintah Permendagri nomor 109 tahun 2019” ujar Ibrahim Latif, kepada Chapnews, Rabu, (19/08/2020).

Menurutnya, sebelumnya dokumen administrasi kependudukan dicetak menggunakan blanko security, namun sekarang setelah keluar permendagri nomor 109 semua dokumen administrasi kependudukan harus dicetak menggunakan kertas HVS A4 80 gram.

“Hal ini perlu diketahui oleh masyarakat luas, agar masyarakat tidak komplain. “Ini adalah perintah Kemendagri yang harus dicetak dokumen kependudukan menggunakan kertas HVS, “ujar Wak Him.

Sebelumnya, yang dicetak di kertas blanko security adalah kartu keluarga (KK), Akte kelahiran, Akte Kematian,  Akte Perkawinan, Akte Perceraian. Sekarang semuanya itu harus dicetak di kertas HVS 80 gram. “Ini sesuai dengan perintah Permendagri nomor 109 tahun 2019.

Wak Him menambahkan , walaupun dicetak di kertas HVS 80 gram, kekuatan hukumnya adalah tetap sama, tidak ada bedanya. “Cuman kertasnya saja yang berbeda, “sebut Ibrahim Latif.

Tata cara pengurusannya  tetap sama, dan penyelesaiannya juga sama, tetap menggunakan aplikasi dan menggunakan tanda tangan elektronik (TTE). “Maka masyarakat kita tetap tenang, tak perlu komplain, “imbuhnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here