Zubaidah SPdi, Ajak Ibu- ibu Manfaatkan Perkarangan Rumah

0
141

Chapnews.id, Langsa – Ketua TP PKK Gampong Meurandeh Aceh Kecamatan Langsa Lama, Zubaidah SPdi,  mengajak masyarakat setempat khususnya para Ibu – ibu untuk memanfaatkan perkarangan rumah, dalam memberdayakan keluarga guna meningkatkan kesejahteraan dan mendukung pembangunan digampong.

Demikian disampaikan oleh Zubaidah saat ditemui disela -sela merawat tanaman di perkarangan rumah, Kamis(20/08/2020)

Menurutnya, ibu – ibu yang tergabung dalam TP PKK Gampong telah melakukan berbagai inovasi seperti pemanfaatan barang bekas guna memanfaatkan perkarangan rumah sehingga produktif sekaligus  ikut menjaga lingkungan.

Salah satunya dengan memanfaatkan galon air isi ulang yang di cat dan dijadikat pot/ wadah untuk menanam bunga. Ada juga botol plastik , kaleng bekas dan barang bekas lainnya.

” Daripada mengotori lingkungan, barang bekas berupa galon , botol dan kaleng ini dapat dijadikan pot sebagai wadah untuk menanam berbagai jenis tanaman” ujar Zubaidah SP.

Dijelaskannya , Jenis tanaman yang telah kita tanam, berupa tanaman hias bougenville dan berbagai jenis  sayuran yang bisa di manfaatkan seperti cabai, tomat dan kebutuhan lainnya minimal dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga.

” Kalau semua ibu-ibu rumah tangga dapat memanfaatkan pekarangan rumah tangga untuk tanaman sayur tentunya sangat membantu mengurangi biaya belanja untuk sayuran. Apalagi untuk menanam sayur mayur tersebut hanya membutuhkan kaleng-kaleng bekas yang tidak terpakai ” kata istri Geuchik Meurandeh Aceh ini.

Zubaidah juga berharap walau ditengah pandemi seperti yang kita rasakan sekarang ini jangan sampai kita tidak bisa berkreativitas dan hidup sehat .

Tetap ikuti anjuran pemerintah dengan mematuhi protokol kesehatan , memakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak saat beraktivitas di luar rumah , imbuhnya.(fitrie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here