KPU Lembata Gelar Pleno Rekap Daftar Pemilih

0
85

Chapnews.id, Lembata – KPU Lembata menggelar Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih periode Agustus 2020 di Aula kantor setempat, Kamis (03/09/2020)

Kegiatan yang di hadiri oleh Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lembata, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lembata dan Partai Politik serta seluruh Jajaran KPU Kabupaten Lembata ini dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Lembata .

Dalam sambutannya , Ketua KPU Kabupaten Lembata, Elias Keluli Making menyampaikan, kendati belum ada kepastian hukum tentang waktu Pemilihan Umum Kepala Daerah, namun KPU telah mengambil langkah penting dengan melakukan persiapan-persiapan untuk menghadapi Pemilu Kepala Daerah.

Selain pengelolaan data pemilih, KPU Lembata juga memetakan daerah terpencil dan berpenduduk yang berpotensi untuk dijadikan sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal ini dilakukan dalam rangka pendekatan pelayanan dan menjamin perlindungan hak pilih warga negara.

Dikatakannya, pada Pemilu sebelumnya, penempatan TPS belum memperhatikan faktor topografi wilayah, akibatnya ada warga yang harus rela menempuh perjalanan dua jam menuju desa induk, untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Selain data Pemilih dan persiapan draf anggaran Pilkada, KPU Lembata juga sedang melakukan pemetaan daerah terpencil dan berpenduduk yang berpotensi untuk dijadikan TPS. Sebagai penyelanggara Pemilu, KPU berkewajiban memberikan perlindungan terhadap hak pilih warga negara. Jadi kedepan, bukan warga yang pergi mencari TPS, tetapi kita mendekatkan TPS kepada warga” katanya.

Lebih jauh dalam sambutanya, Elias mengatakan, pleno data pemilih yang digelar secara rutin adalah bentuk pertanggungjawaban kepada warga melalui Partai Politik dan Pengawas Pemilu terdahap pengelolaan data pemilih berkelanjutan oleh KPU. Dengan demikian, dia berharap, masalah data pemilih yang selalu muncul pada pemilu sebelumnya dapat diminimalisir.

Pleno Rekap Daftar pemilih periode 2020 ini menetapkan jumlah data pemilih Kabupaten Lembata pertanggal 3 september 2020 adalah 82.526 dimana jumlah data pemilih laki- laki sebanyak 37.260 dan jumlah data pemilih perempuan sebanyak  45.266.

Dijelaskannya bahwa jumlah data pemilih Kabupaten lembata bertambah 118 pemilih dari data pemilih bulan sebelumnya.(fitrie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here