Rencana Sekolah Tatap Muka di Aceh Singkil Dibatalkan

0
76

Chapnews.id, Aceh Singkil – Akibat Penyakit menular Corona virus (Covid-19) di Aceh Singkil meningkat tajam sehingga status Zona Daerah yang semula zona hijau di era new Normal (Normal baru) ditetapkan menjadi Orange.

“Sehingga dampak dari hal tersebut mengakibatkan sekolah untuk siswa belajar mengajar tatap muka yang hendak dilaksanakan dibatalkan untuk sementara waktu, “Kata Kepala  Disdikbud Aceh Singkil Khalilullah kepada Wartawan Sabtu (5/9).

Daerah Aceh Singkil masuk dalam daerah dengan level ‘Zona Orange hal ini pun berpengaruh pada dunia pendidikan yang harus ditunda sementara waktu bila kita paksakan maka melanggar aturan, karena sekolah tatap muka hanya diperkenankan untuk zona hijau dan kuning”,Ujarnya.

Dia menyebutkan sebelumnya pada 13 Juli 2020 lalu sudah sempat memberlakukan belajar secara tatap muka untuk jenjang pelajar SMP dan SMA sederajat masa new normal. Namun beberapa minggu kemudian kita surati lagi pihak sekolah untuk kembali meliburkan akibat ada warga Aceh Singkil yang terpapar Covid 19.

Selanjutnya mereka kembali menyurati Tim Gugus Tugas untuk membicarakan kapan bisa sekolah secara tatap muka. Namun dalam hal ini, Gugus Tugas belum bisa memberikan izin karena status Aceh Singkil masih ‘Zona Orange.

Menurut keterangan dari Tim Gugus Tugas, harus berubah dulu Zona Orange ke Zona Kuning atau hijau baru bisa mendapat izin. “Untuk menuju Zona Kuning, paling tidak harus dalam seminggu tidak ada warga yang terpapar,”kata Khalilullah.

“Harapan kita semua semoga sistem pembelajaran secara tatap muka segera diizinkan. Mengingat desakan para orang tua murid yang menggangap sistem pembelajaran daring tidak efektif dan menimbulkan persoalan baru,” tuturnya.

Persoalan baru yang dimaksud, tambahnya, yakni terkendala tidak memiliki hp Android, Pulsa, paket Internet dan kesulitan orang tua murid mendampingi anak belajar online,”Pungkasnya (Saidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here