IAIN Langsa Gelar PBAK untuk MABA Secara Daring

0
89

Chapnews.id, Langsa – Ditengah pandemi Covid-19, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa melalui Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA),  melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun akademik 2020/2021 secara daring (dalam jaringan) kepada mahasiswa baru, Selasa (08/09/2020).

“Jumlah mahasiswa baru yang ikut PBAK 752 orang dan dilaksanakan secara daring, dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19”, kata Ketua Panitia Reza Nuarif.

Dijelaskannya, hal ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana mahasiswa/i mengikuti PBAK dirumah melalui handphone, komputer dan laptop.

Kemudian, jadwal pelaksanaan selama dua hari dengan materi diantaranya materi mengenai selayang pandang IAIN Langsa, sistem pembelajaran, administrasi dan fasilitas kampus, peluang beasiswa yang disampaikan oleh Rektor dan para Wakil Rektor.

“Selain itu ada juga materi yang membahas isu-isu nasional seperti radikalisme, wawasan kebangsaan, narkoba dan pelaksanaan syariat islam di Aceh yang disampaikan oleh para ahli, seperti Dandim 0104/Atim, Polres Langsa, BNNK Langsa dan Direktur Pascasarjana IAIN Langsa,”jelasnya.

Lanjutnta, pada hari kedua peserta akan dikenalkan proses penyelenggaraan perkuliahan oleh masing-masing Dekan, para Wakil Dekan dan ketua-ketua jurusan.

“Juga ada pengenalan dari ketua DEMA dan SEMA serta Organisasi Kemahasiswaan lainnya,”tandas Reza.

Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyebutkan, PBAK merupakan titk awal kegiatan akademik bagi mahasiswa baru, dengan dilaksanakannya PBAK ini berarti kegiatan akademik untuk mahasiswa baru IAIN Langsa sudah resmi dimulai.

“Setelah selesai kegaiatan PBAK tentunya akan dilanjutkan dengan kegiatan akademik lainnya sesuai dengan kalender akademik yang telah dijadwalkan, sekalipun pada semester ganjil akan datang kegiatan akademik pada IAIN Langsa tetap dilaksanakan dalam bentuk daring,”papar Rektor.

Rektor menjelaskan, PBAK secara daring akan menjadi budaya akademik yang baru bagi mahasiswa, hal ini juga untuk menyahuti perkembangan teknologi 4.0.

“Ini (Daring) akan menjadi salah satu budaya akademik, dari biasanya dilakukan secara manual namun ini dilaksanakan secara online, dan dalam rangka menyahuti teknologi 4.0, semua kegiatan kedepan nantinya tidak lagi menggunakan tenaga manusia namun mengunakan tenaga teknologi, dan paling berguna bagi kita dalam proses pembelajaran sehingga akses-akses penyampaian materi kuliah bisa disampaikan lewat teknologi ini, sekalipun ada kekurangan-kekurangannya seperti terbatasnya proses pembinaan karakter,”tukas Rektor.

Rektor berharap, semoga kegiatan dalam bentuk daring ini tidak mengurangi makna dan arti pendidikan bagi mahasiswa.

“Atas nama Rektor dan civitas akademika IAIN Langsa mengucapkan selamat datang mahasiswa baru, semoga kampus IAIN Langsa menjadi pilihan yang tepat bagi saudara untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan menata masa depan yang cemerlang,” imbuhnya. (Mamad).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here