Wahyu Sadly : Tidak Pernah Dinsos Minta Data BST Kemensos Dari Gampong

0
121

Chapnews.id, Langsa – Pihak Dinas Sosial Kota Langsa tidak pernah meminta data bantuan sosial tunai (BST) kementerian sosial Republik Indonesia kepada Geuchik atau data penerima berasal dari Gampong.

Demikian disampaikan Geuchik Gampong Baro, Wahyu Sadly, pada chapnews.id, Rabu (09/09/2020), menanggapi pernyataan salah satu Kabid Dinsos Kota Langsa terkait pernyataannya bahwa data BST berasal dari desa atau Gampong.

Menurutnya, selama dirinya menjabat sebagai Geuchik, Dinsos tidak pernah berkoordinasi atau meminta data BST dari Gampong atau melaksanakan Musdes tentang BST Kemensos.

Namun, untuk BLT yang bersumber dari dana desa kita lakukan mekanisme penentuan penerima melalui Musdes di tingkat Gampong.

Padahal, setiap Gampong menerima data BST Kemensos langsung dari Dinsos Kota Langsa, untuk di verifikasi agar tidak double dalam penerimaan bantuan tersebut.

“Pernyataan Kabid Pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin Dinsos Kota Langsa, menimbulkan polemik dimasyarakat. Seolah-olah perangkat yang dapat BST data dimainkan oleh pihak Gampong”, tegas Wahyu.

Lanjutnya, jangan pernyataan di salah satu media online oleh salah satu Kabid Dinsos seperti melempar bola panas ke Geuchik, padahal dalam pendataan BST tersebut pihak Gampong tidak mengetahuinya.

Pasalnya, pihak Gampong sudah ada data penerima yang diberikan Dinsos Kota Langsa, hanya untuk diverifikasi agar tidak tumpang tindih atau double penerima bantuan.

“Jangan lempar kesalahan kepada gampong, sehingga terjadi polemik seolah-olah perangkat Gampong yang menerima bantuan BST pihak Gampong yang menentukan”, ucapnya.

Wahyu berharap, Dinsos Kota Langsa jangan membuat pernyataan yang memancing konflik ditengah masyarakat.

“Kita berharap Dinsos Kota Langsa untuk menjelaskannya kepada masyarakat secara baik, arif dan bijaksana agar masyarakat tidak menuding pihak Gampong bermain dalam penentuan bantuan BST yang bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia”, imbuhnya. (Mamad).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here