Dukcapil Menyapa Masyarakat

0
80

Chapnews.id, Langsa – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa, terhitung mulai bulan September 2020 telah memprogramkan Dukcapil Menyapa Masyarakat .

Demikian di sampaikan Kepala Disdukcapil Kota Langsa ,Drs H Ibrahim Latif MM kepada sejumlah awak media di Langsa disela-sela mengikuti rapat paripurna DPRK, Kamis (10/09/2020).

Menurutnya, Sesuai arahan Dirjen Dukcapil Kemendagri, bahwa Disdukcapil Kabupaten/ Kota harus menyapa masyarakat minimal dalam satu minggu dua kali.

“Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat menyampaikan berbagai keluhannya kepada pemerintah dalam hal ini Dukcapil terkait keluh keluhan masyarakat dalam pelayanan dokumen administrasi kependudukan,” tegas Wak Him sapaan akrabnya.

Dijelaskannya ,keluhan masyarakat pada umumnya menyangkut pengurusan KTP el dan dokumen administrasi kependudukan lainya serta banyak diurus oleh Calo sehingga menimbulkan pungutan liar (pungli).

Hal ini sesuai dengan intruksi Dirjen Dukcapil Kemendagri kepada seluruh Dukcapil Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia untuk turun ke desa menyapa masyarakat, menerima dan menindaklanjuti keluhan masyarakat.

“Kita juga menindak lanjuti, apabila ada laporan masyarakat terhadap petugas Dukcapil yang mempersulit masyarakat dalam pengurusan ktp el dan dokumen administrasi kependudukan lainya,” tegas Ibrahim Latif.

Menurutnya, Disdukcapil Kota Langsa sudah sejak tiga bulan yang lalu turun ke desa desa menyapa masyarakat, menampung keluhan keluhan masyarakat dan langsung kita tindak lanjuti bila ada keluhan masyarakat.

“Masyarakat kita manjakan dan kita bahagiakan, “ujarnya

Ditambahkannya, Tiap tiga kali dalam seminggu, Dukcapil Langsa turun langsung ke gampong-gampong menyapa masyarakat, dan ini terus berlanjut.

Dalam kegiatan Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) kita tetap menjaga protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan.

“Baik masyarakat maupun petugas Dukcapil ketika menyapa masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan”, terang Wak Him

Disdukcapil Langsa berusaha agar masyarakat terus dapat terlayani dengan baik, cepat dan tepat serta tidak ada keluhan. Sehingga pada akhirnya masyarakat senang dan bahagia.

“Kalau masyarakat sudah bahagia, kami selaku petugas lebih bahagia lagi, imbuh Ibrahim Latif”, imbuhnya. (fitrie).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here