Panwaslih Aceh  Tandatangani  Kesepahaman dan Kerja sama  Dengan UNIMAL dan UTU

0
106

Chapnews.id, Banda Aceh – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh melakukan penandatanganan nota kesepahaman dan kerja sama  dengan Universitas Malikussaleh dan Universitas Teuku Umar yang dilaksanakan diBanda Aceh, Sabtu (12/9/2020).

Kegiatan tersebut merupakan satu rangkaian dengan rapat koordinasi dengan Panwaslih kabupaten/kota se-Aceh yang dilaksanakan di Hotel Hermes Banda Aceh.

Rapat ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan secara langsung sejak pandemi Covid-19.
Adapun kerja sama itu meliputi pemanfaatan dan pengembangan sumber daya manusia untuk penguatan institusi

Dalam sambutannya, Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslih Aceh, Marini, menyebutkan bahwa MoU dan MoA yang ditandatangani ini menjadi upaya untuk penguatan knowledge management Panwaslih dan bersinergi dengan pihak kampus. Bawaslu Indonesia juga berada di jajaran wakil presiden lembaga peradilan hukum pemilu.

Menurutnya , Pelembagaan Panwaslih ini menjadi satu-satunya yang ada di dunia dan harus bisa memberikan sumbangan besar pada penguatan pengawasan pemilu yang partisipatif.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Aceh, Faizah, mengatakan bahwa pengembangan edukasi pengetahuan Pemilu tetap dilakukan meskipun di masa pandemi Covid-19. Salah satu yang dilaksanakan Sekolah Kader Pengawasan Pemilu (SKPP).

“Peminatnya cukup besar dengan pendaftar mencapai 793 orang yang diterima 693 siswa. Namun dari jumlah tersebut yang dianggap lulus dan mendapatkan sertifikat hanya 514 kader, ” Ujar Faizah.

Dijelaskannya , Salah satu hambatan yang membuat banyak tidak lulus adalah masalah koneksi internet.

Kerja sama ini memberikan opsi yang lebih luas berkat kolaborasi dengan pihak kampus. Apalagi kampus yang ikut serta adalah kampus yang sudah cukup kredibel di Aceh. Imbuh Faizah. (fitrie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here