Proses Pemilihan Ketua Karang Taruna Aceh Tamiang Sesuai Mekanisme

0
128

Chapnews.id, Aceh Tamiang – Proses pemilihan atau pergantian estafet kepemimpinan di Karang Taruna Aceh Tamiang telah berjalan sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku.

Demikian disampaikan Muhamad Jailani, Ketua Umum HMI Cabang Langsa, putra Tamiang asal Sungaiyu, yang juga sempat menjadi Steering Comitte saat temu karya di gelar, melaui rilis yang dikirim, Sabtu (28/11/2020).

Menurutnya, saat ini Karang Taruna Kabupaten Aceh Tamiang kian menjadi viral kembali pasca beberapa berita yang disampaikan pada media massa elektronik hingga memunculkan polemik.

“Prosesi Karang Taruna Kabupaten Aceh Tamiang ini jangan lagi di buat seakan akan bermasalah karena seharusnya sudah jelas keberadaan dan proses nya”, tegasnya.

Padahal, sambung Jailani, pemilihan ketua sudah dilakukan kembali pada 29 Juli 2020 di aula Dinas Pertanian Kab. Aceh Tamiang. Sewaktu itu telah melahirkan keputusan dan menetapkan Saudara Joko Sudirman, ST sebagai Ketua terpilih (formatur) Karang Taruna Kabupaten untuk periode 2020 – 2025.

Kemudian, diakui sebelumnya pada 12 Maret 2020 sempat terjadi prosesi pemilihan, namun dalam proses dianggap cacat konstitusi, maka dilakukanlah pemilihan ulang sesuai dengan Surat yang disampaikan Dinas Sosial Pemerintah Aceh nomor 467.2/1630/2020 tentang ; Temu Karya Karang Taruna Kabupaten Aceh Tamiang.

Selanjutnya, saat Temu Karya ulang, telah menyurati Pengurus Karang Taruna Provinsi Aceh melalui Surat Pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tamiang Nomor 460/1271/2020 tentang Pemberitahuan Temu Karya Ulang Karang Taruna Kabupaten Aceh Tamiang pad 23 Juli 2020.

“Ini sangat naif dan tidak masuk akal bila dikatakan tidak diketahui oleh Pengurus Karang Taruna Provinsi, sebagaimana disampaikan dalam pemberitaan. Kita minta pada oknum yang sengaja lakukan ‘playing victim’ untuk segera menghentikan kebohongan atau menyebar berita hoaks”, pintanya.

Sebenarnya, sambung Jailani, apa yang telah dilakukan Bupati Aceh Tamiang itu sudah benar dengan melantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Aceh Tamiang yang legal dan sah pada 27 November 2020 di aula Setda kab Aceh Tamiang.

Hal itu dilakukan, sesuai Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia (Permensos RI) Nomor 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna Pada Bab VIII bagian ketiga pasal 43 yang berbunyi ; “Bupati/Walikota memiliki Tanggung Jawab ; pada poin (e) mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna tingkat Kabupaten/kota.

“Kita minta Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Tamiang, Joko Sudirman, ST, pasca pelantikan nanti untuk dapat dilakukannya konsolidasi tanpa batas, baik secara intern organisasi Karang Taruna (kecamatan – kampong) maupun yang berada diluar (ekstern) karang taruna itu sendiri”, imbuhnya. (RED)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments