Bupati Aceh Singkil: Uni Emirat Arab Ingin Kembali datang Ke Pulau Banyak untuk Kembangkan Investasi

0
572
Advertisement

Chapnwes,id Aceh Singkil Kabar gembira Perusahaan Uni Emirat Arab (UEA), Murban Energy berencana kembali datang ke Aceh Singkil untuk melakukan investasi pada sektor pariwisata di Pulau Banyak.

Hal tersebut di Sampaikan Bupati Aceh Singkil Dulmusrid ketika ditemui sejumlah awak media di kantornya, Selasa (2/3/2021).

Bupati Dulmusrid menyebut kalau tidak ada aral melintang, Murban Energy akan kembali mengunjungi Pulau Banyak pada Rabu pekan ini.

Advertisement

Informasi yang Ia dapat dari Kepala Bidang Pariwisata Aceh, Murban Energy lebih cenderung berinvestasi di Pulau Banyak dibandingkan dengan Sabang, karena keorisinilan alamnya.

“Murban beserta tim akan melakukan kroscek ulang terhadap Pulau Banyak yang sebenarnya,” ungkapnya.

Sebelumnya tersirat kabar, investor UEA batal berinvestasi di Pulau Banyak dan lebih memilih berinvestasi di Pulau Sabang.

Hal ini diketahui menyusul surat dari Kementerian Luar Negeri bernomor 01474/BK/01/2021/31 perihal penjajakan kerja sama pengembangan kawasan wisata di Pulau Banyak dan Pulau Sabang antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab (PEA) pada tanggal 19 Januari 2021.

Dalam surat tersebut disampaikan inti pertemuan antara Duta Besar Indonesia Abu Dhabi dengan Managing Director Murban Energy terkait penjajakan kerja sama pengembangan kawasan wisata di Pulau Banyak dan Pulau Sabang antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab.

Diantaranya; pihak Murban Energy sangat tertarik untuk berinvestasi dan mengembangkan kawasan wisata di Aceh, termasuk di Pulau Banyak dan Pulau Sabang dan berharap dapat investasi dalam rentang waktu yang tidak lama, 1-4 tahun.

Selanjutnya, mengingat infrastruktur ke Pulau Banyak belum berkembang dan membutuhkan waktu realisasi selama 5-10 tahun, pihak Murban Energy mengusulkan opsi lain yaitu pengembangan kawasan wisata Pulau Sabang karena dapat diakses melalui Bandara Sultan Iskandar Muda. Pihak Murban Energy siap untuk berinvestasi dalam pengembangan Bandara Sultan Iskandar Muda untuk dapat dilalui pesawat besar.

Pihak Murban Energy selama ini telah mengembangkan resor dan hotel mewah pada lokasi pariwisata premium seperti jaringan Louis Vitton Hotel yang berlokasi di Maldives dan Seychelles.

Pasca terbit surat pembatalan tersebut, Bupati Dulmusrid merespon dengan melakukan vedeo confrence bersama Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu UEA, Gunernur Aceh Nova Iriansyah, Dinas Pariwisata Aceh dan Pemko Sabang.(Saidi)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini