2034 Masyarakat Aceh Singkil Sudah Menerima Suntikan Dua Dosis Lengkap Vaksin COVID-19

0
43
Advertisement

Chapnewes.id, Aceh Singkil – Dari target 17.984 orang yang akan di suntikan vaksin COVID-19, yang terdiri dari pemberian dosis pertama dan kedua.baru sekitar 2034 orang yang sudah menerima suntikan dua dosis lengkap.Jumlah ini didapat atas laporan per tanggal 21 April 2021.

“Tetapi, untuk jangkauan hingga saat ini vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 2.440 orang,” Demikan disampaikan Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Dinas Kesehatan Aceh Singkil Muhammad Raja Miringin, Senin (26/4/2021).

Artinya,” dari 2.440 itu, masih ada orang yang belum melakukan suntik vaksin dosis kedua sebanyak 406 orang,” Ucap Maringin yang juga selaku Kabid P2P Dinkes Aceh Singkil.

Advertisement

Lebih lanjut, Ia menghimbau mereka yang belum menyelesaikan dosis kedua agar segera mendatangi Fasyankes (Fasilitas Layanan Kesehatan) terdekat untuk melakukan suntik vaksin.

Hal ini dilakukan supaya, segera terbentuk kekebalan kelompok masyarakat. Namun, apabila lebih dari 28 hari tak kunjung divaksin dosis kedua, maka yang bersangkutan harus mengulang kembali dari dosis pertama.

Maringin mengungkapkan “kendala klasik” yang dihadapi dalam vaksinasi ini seperti diantaranya, kekhawatiran masyarakat terhadap suntik vaksin dapat membatalkan puasa.

Padahal, ungkap Maringin, Majelis Ulama Infonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa yang memperbolehkan vaksinasi Covid-19 saat berpuasa. Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi COVID-19 pada Saat Berpuasa itu menyatakan vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa.

“Namun demikian kembali kepada pemahaman dan keyakinan dari masyarakat itu sendiri,”

Maringin menilai ekskalasi vaksinasi yang dilakukan masih cukup rendah. Kalau dilihat cakupan vaksinasi yang masih berada di angka 2000-an bila dibandingkan dengan target 17.984 orang, masih pada kisaran sekitar 13%. Presentase ini terbilang tidak jauh berbeda dengan daerah lain di Provinsi Aceh.

Sementara Dinkes Aceh Singkil tercatat telah menerima sebanyak 5201 dosis vaksin dari Pemerintah. Bagi masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi, diharapkan agar segera mendatangi Puskesmas terdekat.

Pemerintah saat ini terus memberikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat agar kekebalan kelompok bisa segera terbentuk. (Saidi)

Advertisement

Iklan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments