KM Singkil-3 Seharga 1,3 M, Yang Tak Pernah Difungsikan Dishub Telah Serah Terima ke Disparpora

0
54
Advertisement

Chapnews.id, Aceh Singkil – Kapal Motor (KM) Singkil-3 berjenis Speed Boat yang tak pernah difungsikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh Singkil, ternyata sudah diserahterimakan dan tercatat ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora).

Kapal itu dibeli oleh Dinas Perhubungan Aceh Singkil senilai 1,3 Miliyar pada tahun 2018 lalu.
Dan kapal tersebut saat ini sedang proses pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Aceh Singkil dan sudah masuk ke tahap penyidikan.

Karena, pembelian Kapal berjenis Speed Boat Singkil-3 di Dinas Perhubungan (Dishub) tersebut terindikasi Mark-up atau pengelembungan harga.

Advertisement

Kepala Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK) Aceh Singkil Hendra Sunarno melalui Kabid Aset, Arief Pujianto, Senin (7/6) kepada wartawan mengatakan, Kapal Singkil-3 itu sebelumnya milik Dinas Perhubungan Aceh Singkil namun kini sudah diserah terimakan dan pengalihan aset ke Disparpora Aceh Singkil.

Kapal tersebut, dibeli pada tahun 2018 silam oleh Dinas Perhubungan Aceh Singkil, kini sudah resmi diserahkan ke Dinas Parpora berdasarkan berita acara serah terima (BST) yang dibuat Dishub.

Penyerahan aset yang difasilitasi dan ditandatangani bersama serta disaksikan oleh pihak bidang aset dilaksanakan pada September 2020 lalu.

Atas permintaan Dinas Parpora kapal tersebut dipindahkan pemanfaatannya untuk menopang destinasi pariwisata Aceh Singkil karena dianggap lebih bermanfaat.

“Pihak pertama telah menyerahkan barang berupa kapal, dan pihak kedua menerima barang pemindahan dari pihak pertama yakni dari Dishub. Artinya segala tanggung jawab dan pengamanan serta pencatatan berpindah ke Dinas Pariwisata,” kata Arief.

Dijelaskannya, sebelum dilakukan pemindahan aset tersebut, meski tidak melihat langsung kondisi barang, namun Bagian Aset sudah meminta keterangan langsung dari pihak yang berwenang dan pengurus barang.

“Dan sekarang barang Kapal Singkil-3 sudah menjadi tanggung jawab Dinas Pariwisata,”katanya (Saidi)

Advertisement
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments