Puluhan Calon Jamaah Haji Aceh Singkil Kembali Tertunda Berangkat ke Tanah Suci

0
28
Advertisement

Chapnews.id, Aceh Singkil – Puluhan jamaah haji asal Kabupaten Aceh Singkil yang akan berangkat ke tanah suci tahun 2021 kembali tertunda.

Penundaan itu berdasarkan Keputusan Menteri Agama nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.

“Yang menjadi pertimbangan pembatalan tersebut, karena pandemi Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji ke Arab Saudi,”Kata Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Singkil Syaifuddin, melalui Kasi┬áHaji┬ádan Umroh Istadi Putra, Senin 7 Juni 2021 di Kantornya.

Advertisement

Putra mengatakan, sebanyak 26 orang calon jamaah haji yang ditunda keberangkatannya pada tahun ini. Mereka merupakan jamaah yang mengalami penundaan pada tahun 2020.

“Jadi mereka itu adalah jamaah haji yang tahun lalu juga mengalami gagal berangkat,” tuturnya.

Selain 26 calon jamaah haji reguler, Kemenag Aceh Singkil juga mempunyai 12 calon jamaah haji cadangan, yang siap diberangkatkan apabila ke 26 calon jamaah haji reguler berhalangan.

“Total kita punya 38 calon jamaah haji pada tahun ini,” lanjutnya.

Pihaknya juga memastikan jamaah haji yang gagal berangkat akan menjadi prioritas pada pelaksanaan ibadah haji di tahun mendatang jika tahun 2022 situasinya sudah membaik.

Istadi melanjutkan, pada dasarnya calon jamaah haji dari Aceh Singkil sudah siap melakukan tahapan keberangkatan menuju tanah suci.

“Seperti pasport, update pasport, suntik vaksin miningitis, suntik influensa, dan suntik vaksin Covid-19 dua tahap sudah oke,” ungkapnya.

Lanjutnya tugas di Seksi Haji Kemenag Aceh Singkil, tinggal melaksanakan bimbingan manasik haji sebagai pengantar referensi awal pengetahuan ilmu manasik perhajian sebagai bekal calonjamaah haji.

“Secara otomatis tidak akan ada lagi pembekalan manasik haji bagi calon jamaah,” tukas Istadi. (Saidi)

Advertisement
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments