KTNA Aceh Tamiang Mengajak Petani Gunakan Pupuk Organik Tingkatkan Produksi

0
26
Advertisement

Chapnews.id, Aceh Tamiang – Untuk meningkatakan produksi dan kualitas pertanian, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Aceh Tamiang, berupaya mengajak para petani di kabupaten tersebut menggunakan pupuk organik, yang berasal dari kotoran hewan.

“Sudah lima bulan kami mensosialisasaikan kepada para petani, terkait program pupuk organik dari kotoran hewan, kecing hewan, dedaunan yang mengering dikumpulkan menjadi permentasi, agar hasil produksi dan kualiatas hasil pertanian bermutu dan meningkat,” kata Ketu KTNA Aceh Tamiang, Yogi Syahputra,Rabu (9/6) diruang kerjanya.

Ia menambahkan, disamping pupuk organik untuk meningkat produksi dan mutu pertanian, harga pupuk tersebut jauh lebih murah dan mudah di dapat dari pupuk kimia, karena bisa diproduksi sendiri oleh setiap kelompok tani yang ada di kabupaten tesebut.

Advertisement

“Yang lebih penting lagi, bila petaniĀ  menggunakan pupuk organik, maka unsur hara di tanah milik petani akan selalu terjaga, karena tidak menggunakan pupuk kimia, sehingga tanah akan semangkin subur,” terang Yogi.

Lebih lanjut dikatakannnya, progam pupuk organik tersebut, akan terus digalakan kepada para petani, karena sejumlah kelompok tani sudah memulai memproduksi pupuk organik dengan memanfaatkan kotoran hewan ternak yang ada dikabupaten itu.

“Kami siap memenuhi permintaan para petani yang membutuhkan pupuk organik tersebut, karena sejumlah kelompok tani sudah ada yang telah mengolah dan memproduksi pupuk organik teresebut untuk kebutuhan petani sawah dan perkebunan yang di daerah ini,” jelas Yogi.

Program tersebut, sambung Yogi, tidak terlepas adanya dukungan dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh Tamiang, melalui Dinas Pertanian, Perternakan dan Perkebunan (Distanbunak) setempat.

“”Awal program pupuk organik ini, berasal dari ide Bupati Aceh Tamiang, yang diterusakan ke Kepala Distanbunak, Yunus, SP, yang kemudian berkerjasama dengan KTNA, sehingga program tersebut terus kami sosiasliasikan untuk direalisaikan kepada para petani,” kata Yogi mengakhiri.(**)

Advertisement
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments