Gotong Royong Menjaga Ukhuwah dan Mempererat Tali Silaturahmi

0
32
Advertisement

Chapnews.id, Langsa – Kegiatan gotong royong dapat menjaga ukhuwah Islamiyyah dan mempererat tali silaturahmi antar sesama warga di Gampong Meurandeh Aceh serta merupakan bentuk kerjasama atau saling tolong menolong membersihkan Desa.

Demikian disampaikan Geuchik Gampong Meurandeh Aceh Kecamatan Langsa Lama, Teuku Asnawi, MA saat menggelar Gotong royong bersama kepala dusun, imam, khatib mesjid, bidan desa, Babinsa serta masyarakat Gampong setempat, Jum’at (17/06/22).

Menurut T Asnawi, salah satu pilar dalam Pancasila adalah gotong royong yang menjadi karakteristik orang Indonesia. Hal itu sesuai dengan sila ketiga dalam Pancasila yaitu, persatuan Indonesia.

Advertisement

Perilaku gotong royong atau saling membantu sudah ada dan dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak zaman dahulu. Gotong royong adalah suatu kepribadian bangsa serta budaya yang sudah melekat dan berakar di dalam kehidupan masyarakat.

“Setiap orang diwajibkan memiliki rasa gotong royong, dan hal itu sudah mendarah daging oleh semua elemen dan lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Sebab, dengan memiliki kesadaran itu, semua lapisan masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan semua kegiatan dengan cara gotong royong”, papar Geuchik Gampong Meurandeh Aceh.

Oleh karenanya, perilaku yang dilakukan oleh masyarakat dalam bergotong royong akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan juga cepat diselesaikan serta lebih lancar dan maju. Tidak hanya itu saja, dengan adanya kesadaran semua lapisan masyarakat dalam menerapkan sikap gotong royong, maka akan tercipta hubungan persaudaran yang semakin erat.

Dijelaskan T Asnawi, ada beberapa manfaat yang bisa diraih apabila kita menerapkan sikap gotong royong di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya;

Pertama, membangun rasa jalinan solidaritas di dalam lingkungan masyarakat,

Kedua, menciptakan lingkungan di sekitar kita bisa terlihat lebih bersih, nyaman, serta indah.

Ketiga, menciptakan rasa kedamaian serta hidup tentram di dalam iklim masyarakat akan lebih terasa, sebab semua warga sudah mengenal satu sama lain.

Keempat, sikap gotong royong tidak mengenal perbedaan. Sehingga saat akan dilakukan, semuanya terasa sama.

Kelima, menjalin rasa ukhuwah bersama tetangga sehingga saling mengenal tetangga yang lain, pejabat kenal dengan buruh, pedagang kenal dengan supir, yang kaya kenal dengan tetangga yang kurang mampu, dan lainnya.

“Kami akan terus menggalakkan budaya gotong royong ini di Gampong Meurandeh Aceh, sebab manfaatnya sangat baik bagi kehidupan bermasyarakat di Gampong dan ini juga menjadi warisan budaya yang harus kita lestarikan yakni budaya gotong royong”, demikian Geuchik Gampong Meurandeh Aceh T Asnawi. (Ma²d).

Advertisement
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments