Memperniagakan Kerangka Gajah, Dua Pria Diringkus Sat Reskrim Polres Langsa

0
207
Advertisement

Chapnews.id, Langsa- Akibat memperniagakan, menyimpan,memiliki kulit , tulang dan bagian lain dari hewan satwa gajah yang di lindungi, dua pria di ringkus satuan reserse Kriminal Polres Langsa.

Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro,SH,SIK,MH melalui Kasat Reskrim Iptu Imam Aziz Rachman, saat konferensi pers m, Selasa (21/06/22) dua tersangka ini diringkus Jln. Medan – Banda Aceh Gp. Birem Rayeuk Kec. Birem Bayeun Kab. Aceh Timur.

Adapun dua tersangka ini yakni, MA (37) warga Gampong Alue Tho Kec. Peureulak Timur Kab. Aceh Timur dan Zul (41) warga

Advertisement

Jl. Sudirman Lr. Buntu Lk. II Gp. Matang Seulimeng Kec. Langsa Barat Kota Langsa.

Diterangkan Kasat Reskrim Polres Langsa, pada Jum’at (10/06) sekira pukul 21.00 wib berdasarkan informasi masyarakat dua orang tersangka yang melakukan perniagaan dan menyimpan tulang gajah diringkus Sat Reskrim Polres Langsa.

Barang tersebut, dikeluarkan dari suatu tempat di wilayah Indonesia dan hendak dijual tulang gajah yang sudah mati dimasukan kedalam 5 karung goni putih.

Pada saat diamankan MA dan ZU yang sedang mengendarai sepeda motor dengan membawa tulang gajah dalam goni diletakan pada jok sepeda motor bagian belakang dengan tujuan rumah AD (DPO).

Saat ditangkap, dari tangan MA diamankan barang bukti yang diamankan 2 karung besar berisi tulang gajah, 1 sepeda motor Scoopy BL 5416 DAN.

Sementara dari tangan Zu, Polisi berhasil amankan barang bukti 3 karung berisi tulang gajah dan 1 Honda Vario BL 3673 FAF.

Kemudian, dari pengakuan kedua tersangka tulang gajah di peroleh dari AM (Panggilan) yang beralamat di Kec. Peureulak Kab. Aceh Timur, selanjutnya tulang gajah yang sudah mati tersebut hendak dijual melalui AD (Panggilan) seharga Rp. 150.000,- perkilo.

Selanjutnya, kalau berhasil dijual semua tulang gajah yang dibawa tersebut nantinya tersangka MA dan tersangka ZU akan mendapatkan uang sebesar Rp. 7.000.000,- dan hasilnya dibagi dua.

“Tidak sempat terjual, kedua tersangka berikut barang bukti telah diamankan ke Polres Langsa guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan kedua tersangka dijerat dengan Pasal 21 ayat (2) huruf “d” Jo Pasal 40 ayat 2 Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konsevasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekositemnya “, demikian Kasat Reskrim Polres Langsa. (Ma²d).

Advertisement
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments