Implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi, Fakultas Teknik Unsam Jalin Kerjasama

0
73
Advertisement

Chapnews.id, Langsa – Dalam mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi dan pelaksanaan program Kampus Merdeka, Fakultas Teknik Unsam menjalin kerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Stasiun Geofisika Aceh Besar.

Penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) ini dilaksanakan diaula kampus Fakultas Teknik Unsam, pada 29 Juni 2022 lalu.

Kepala Prodi Teknik Sipil Universitas Samudra, Eka Mutia, ST,MT, Kamis (30/06/22) mengatakan, dalam pelaksanaan kerjasama ini diharapkan dapat menciptakan SDM Mahasiswa yang berkualitas.

Advertisement

Kemudian, para mahasiswa nantinya dapat melakukan pengabdian serta penelitian sesuai dengan implementasi dari Tridharma perguruan tinggi serta dapat mendorong mahasiswa dalam peningkatan kualitas SDM.

“Disela penandatanganan kerjasama ini, pihak BMKG juga melakukan simulasi tanggap gempa yang terjadi di dalam ruangan aula”, paparnya.

Hal senada disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar Andi Azhar Rusdin, M.Sc, berharap kerjasama ini selain memenuhi implementasi MBKM namun juga saling meningkatkan kualitas SDM dari kedua pihak.

Dirincikannya, ruang lingkup dari kerjasama ini penyelenggaraan kegiatan magang/praktik kerja lapangan, penyelesaian tugas akhir mahasiswa serta studi dan/atau proyek independen dalam rangka pelaksanaan Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM).

Selanjutnya, Peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelaksanaan pelatihan, seminar, workshop, dan/atau pemberian pemahaman di bidang geofisika.

Kemudian, Penyediaan dosen tamu dalam pelaksanaan kuliah umum dan/atau praktisi mengajar di bidang geofisika; Penyediaan tenaga ahli dalam kegiatan kajian dan publikasi bersama.

Pelaksanaan proyek kemanusiaan dalam bentuk sosialisasi di bidang geofisika di wilayah terdampak bencana; Kontribusi dalam penerbitan karya tulis dalam jurnal/jurnal ilmiah; Pemanfaatan dan penyebarluasan informasi publik di bidang geofisika.

Pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri, dunia usaha dan dunia kerja; dan kegiatan lainnya yang disepakati secara tertulis oleh para pihak

Dalam pelaksanaan kegiatan ini turut dihadiri Dekan Fakultas Teknik Universitas Samudra Langsa Dr. Mastura, S.Si, M.Si, Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar Andi Azhar Rusdin, M.Sc dan staf serta Dosen, Staf Tata Usaha dan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Samudra Langsa. (Ma²d).

Advertisement
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments