Mahasiswa Faperta UMSU Lolos 5 PKM Kemendikbudristek RI Tahun 2022

0
60
Advertisement

Chapnews.id, Medan – Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Muhammadyah Sumatera Utara (UMSU) kembali berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan keberhasilan mahasiswa lolos 5 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemendikbudristek RI Tahun 2022.

Hal tersebut diketahui dalam kelulusan berdasarkan surat pengumuman direktorat pembelajaran dan kemahsiswaan dengan nomor:2489/E2/KM.05.01/2022, pada 27 mei 2022

Wakil dekan III FAPERTA UMSU, Akbar habib S.P.,M.P menyebutkan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara lolos 17 pkm. Dan 5 diantaranya adalah proposal kelompok mahasiswa Fakultas Pertanian.

Advertisement

“selamat kepada mahasiswa yang proposalnya berhasil lolos pendanaan PKM Tahun 2022” Ucap Wakil Dekan III .

Akbar habib S.P.,M.P, turut menyampaikan bahwa lolosnya 5 proposal PKM merupakan buah dari keseriusan bersama dan semangat tim dan dosen pendamping, “selamat kepada tim yang lolos PKM nasional dan selanjutnya kita dorong terus agar dapat ikut pimnas tahun 2022″.

Ditambahkannya , faperta umsu berhasil mengupload 36 proposal. Dan jumlah ini melebihi dari target yang dibebankan Universitas kepada fakultas pertanian yakni sebanyak 35 proposal.

Dirinya menrincikan judul pkm yang lolos antara lain : Sonifer crasco : sebagai inovasi terbaru pupuk organik cair guna merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman porang dibawah bimbingan Aflahun Fadhly Siregar S.P.,M.P bersama tim mahasiswa nurhasbi lazuardi sebagai ketua dan beranggotakan fajar rahman habib, andri atmantoro, eka aditya kurniawan, feni ramadhani. Selanjutnya
Cio (clean innovative with eco enzyme plus) sebagai pupuk untuk tanaman hortikultura dalam konsep sero waste pada sampah rumahtangga, dengan pembimbing Assoc.Prof. Dr.Ir. Wan Arfiani Barus M.P dengan tim mahasiswa Ahmad Fadillah Rasyidi sebagai ketua dan beranggotakan Rika Harbita, Yuda Dinata, Demi Alfiansyah.

Kemudian pkm dengan judul Gear shampoo (Guava leaf hair shampoo) sebagai inovasi terbaru guna mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe pada kulit kepala, yang dibimbing oleh Nurhajijah S.P.,M.P. dan tim mahasiswa Dwiky Reza Sihotang sebagai ketua dan beranggotakan Hafiz Nur Khadafi Sipayung, Mutiara Ramadhani Nasution, Muhammad Alfi Syawlis, Fadila Auraningsih serta Inovasi terbaru pupuk organic cair bakteri nitrifikasi dengan kombinasi PGPR mengoptimalkan pertumbuhan perkemabangan tanaman porang, dibawah bimbingan Salsabila S.P.,M.P. dan tim mahasiswa Wita Sania Agustin sebagai ketua dan beranggotakan Madan Fauzi, Mhd. Roihan Hanif Bancin, Fajar Rahman Habib, Andri Atmantoro.

Terakhir, pkm dengan Judul Inovasi untilized crop moringa oliefera sebagai cantik (campuran pakan itik) dalam menghadapi green economy yang dibimbing oleh Dr. Bunga Raya Ketaren dan tim mahasiswa Angga Pratama sebagai ketua dan beranggotakan Mhd.Arya Anfazier, Nugra Anggraini, Nurhayati Pratiwi Harahap, Nurhayyun Sitompul.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Faperta UMSU, Dr. Dafni Mawar Tarigan S.P.,M.P menyampaikan agar mahasiswa selalu mengukir prestasi untuk melatih dan mengembangkan diri “beruntung saat ini anak-anak kami banyak event yang dapat diikuti guna mengembangkan keahlian dan potensinya, karna ditengah perkembangan zaman saat ini tak cukup selembar sertifikat (ijazah,peny) namun perlu disertai keahlian lainnya yang dapat mendukung nantinya setelah lulus dari umsu

Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan fakultas pertanian umsu, srcc faperta Umsu, dosen pendamping dan tim pkm mahasiswa serta adanya penyerahan tali asih kepada mahasiswa yang lolos PKM.(f3)

Advertisement
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments