Agus Mando : Warga Kota Langsa Harus Tau, Begini Cara Daftar dan Cek Bansos BLT BBM 2022

0
1107
Advertisement

Chapnews.id, Langsa – Sebagai pimpinan redaksi (pimred) media Chapnews.id Agus Setiawan yang akrab disapa Agus Mando, turut prihatin atas kenaikan harga BBM ditengah pemulihan pandemi Covid-19 yang telah meluluh lantakan perekonomian di Indonesia terutama masyarakat Kota Langsa.

Untuk itu melalui media ini Agus Mando berupaya membantu masyarakat Kota Langsa salah satunya dengan memberikan informasi kepada masyarakat agar mengetahui dan bisa mendapatkan bantuan yang telah di kucurkan pemerintah.

Dimana sejak awal September 2022 ini.
Pemerintah mulai mencairkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak atau BLT BBM.

Advertisement

BLT BBM 2022 adalah program pemerintah untuk melindungi daya beli masyarakat akibat tekanan naiknya harga kebutuhan pangan di tengah naiknya harga BBM. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

“Bantuan ini diberikan untuk menyikapi kenaikan harga yang sekarang ini memang sudah mulai dirasakan naik sekaligus mengurangi beban pengeluaran keluarga dan meningkatkan daya beli warga,” kata Menteri Sosial,Tri Rismaharini, dilansir oleh Chapnews.id melalui situs Kemensos pada Selasa, (6/9/2022)

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara daftar penerima BLT BBM melaui aplikasi Cek Bansos yang dirangkum oleh Chapnews.id Mengutip akun Instagram resmi milik Kementerian Sosial RI:

1. Langkah pertama, Download aplikasinya Cek Bansos terlebih dahulu di Google Play Store. Jika sudah terdownload Anda dapat buka aplikasinya, kemudian akan muncul halaman log in.

2. Kemudian pilih opsi buat akun, kemudian siapkan nomor NIK KTP dan KK.

3. Langkah berikutnya, masukkan data diri calon penerima BLT BBM pada halaman aplikasi. Yaitu:

– Isi nomor Kartu Keluarga, NIK, nama lengkap sesuai KTP.

– Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, alamat sesuai KTP beserta RT/RW.

– Isi nomor ponsel, alamat e-mail, username dan password

– Lampirkan foto dengan cara swafoto diri bersama KTP untuk verifikasi data calon penerima BLT.

4. Jika sudah kemudian klik ‘Buat Akun Baru’. maka Anda akan mendapat kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui e-mail. Jika pesan aktivasi tidak ada di pesan masuk e-mail silahkan untuk cek di spam.

5. Setelah itu cek menu profil. menu profil akan menampilkan username, produk bantuan sosial dan menampilkan status apakah akun ini mendapatkan bantuan PKH atau BPNT.

6. Apabila Anda lupa kata sandi, maka Anda dapat mereset kata sandi dengan memasukkan nomor ponsel, alamat e-mail, dan username.

Bagi Anda yang ingin mengecek apakah Anda sudah terdaftar sebagai penerima BLT BBM melalui situs cekbansos.kemensos.go.id caranya adalah sebagai berikut:

1. Mengunjungi situs   https://cekbansos.kemensos.go. id/

2. Mengisikan data yang dibutuhkan yaitu nama lengkap sesuai KTP dan informasi wilayah domisili sebagai penerima manfaat.

3. Kemudian memasukkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf sebagaimana terlihat dalam gambar.

4. Selanjutnya klik “Cari Data”.

5. Kemudian, jika nama Anda muncul, maka Anda sudah terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat dalam DTKS Kemensos dan berhak mendapatkan BLT BBM sebesar Rp 600.000.

“Semoga informasi ini bermanfaat kepada masyarakat Kota Langsa yang sama sekali belum mengetahui tentang bantuan pemerintah ini,”pungkas Agus Mando. (Pandex)

Advertisement
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments