Ratusan Pelajar di Aceh Tamiang Ikuti Pelatihan dan Simulasi Mitigasi Bencana

0
29
Advertisement

Chapnews.id, Aceh Tamiang – Ratusan pelajar tingkat SMP di Kabupaten Aceh Tamiang mengikuti pelatihan dan simulasi mitigasi bencana yang dilaksanakan oleh Universitas Samudra melalui program pengabdian masyarakat, di SMPN 2 Kuala Simpang Jalan Sedar Gang Pendidikan Kota Kuala Simpang, Kamis (22/09).

Kegiatan pelatihan dan simulasi mitigasi bencana ini merupakan kerjasama antara Unsam serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang melalui Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Kuala Simpang, dan melibatkan BPBD Kota Langsa, PRB dan IKAN Kota Langsa.

Rektor Unsam Dr. Ir Hamdani, MT yang di wakili Kepala UPT Lab Dasar Unsam Dr T Hasan Basri, M.Pd mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi dari tri darma perguruan tinggi salah satunya pengabdian masyarakat, maka dari itu kami melakukan pengabdian dengan memberikan pelatihan dan simulasi mitigasi bencana di SMPN 2 Kota Langsa.

Advertisement

Adapun tujuan pelatihan ini diantaranya memberi pemahaman kepada siswa tingkat SMP di Aceh Tamiang tentang tanggap bencana dan nantinya di ajarkan bagaimana caranya para siswa melakukan proses pemadaman api bila terjadi kebakaran

Hasan Basri berharap pada para siswa yang ikut simulasi mitigasi bencana ini dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan apa yang diberikan pelatihan kiranya bermanfaat untuk bekal dalam menghadapi bencana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang Drs Abdul Muthalib dalam sambutannya berharap agar anak-anak nantinya akan diajarkan cara kerja memadamkan api oleh pihak pemadam kebakaran dari Kota Langsa dan menjadi proses pembelajaran tanggap bencana.

Selain itu, saat terjadi bencana kebakaran peran serta kita bisa membantu dengan cara tidak menghalangi mobil pemadam kebakaran dan memberikan pertolongan lainnya demi kelancaran proses pemadaman api

“Terimakasih kepada pihak Unsam yang telah memberikan edukasi kepada siswa kami di Aceh Tamiang dalam memberikan pemahaman melalui pelatihan dan simulasi mitigasi bencana”, ucapnya.

Kepala Sekolah SMPN 2 Kuala Simpang dalam sambutannya Rudiardi, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelumnya program ini hanya untuk SMPN 2 Kuala Simpang.

Namun, atas inisiatif agar siswa SMP lain yang berdekatan jaraknya dapat belajar bersama mengikuti patihan ini maka mengundang SMP Muhammadiyah dan SMP swasta Islam Kuala Simpang untuk bersama mengikuti kegiatan ini

“Saya berharap siswa bisa mengikuti pelatihan dan simulasi mitigasi bencana ini sebagai upaya pembelajaran bagi siswa/i tanggap terhadap bencana”, harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Tim Mitigasi Bencana Unsam Langsa, Ir Ismail Manyak, MT Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kota Langsa beserta tim, pengurus IKAN Kota Langsa, Kepala SMP Muhammadiyah Kuala Simpang Kiki Winanda, S.Pd.I,M.Pd, Kepala sekolah SMP Swasta Islam Kuala Simpang Irhamuddin, S.Pd.I beserta seluruh dewan guru SMPN 2 Kuala Simpang. (**).

Advertisement
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments