Tim PKRS RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak Lakukan Penyuluhan

0
742
Advertisement

Chapnews.id, Aceh Timur – Menanggapi tersebarnya virus Corona dan untuk memutus rantai penyebaran covid -19 di masa pandemi ini ,Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Abdul Azis Syah Peureulak menggelar penyuluhan kesehatan, Jum’at (06/11/ 2020).

Ketua Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Hj. Zuraida Hanum, S.Tr. menyampaikan bahwa Penyuluhan kali ini dilakukan di ruang perawatan nifas bersama petugas Nutrisionis dan Psikolog.

“Penyuluhan kesehatan yang kita sampaikan tentang beberapa kiat yang penting di lakukan untuk mempersiapkan ASI pada Ibu hamil dan nifas di masa Pandemi Covid 19” Ujar Zuraida Hanum.

Advertisement

Ditambahkannya , Kegiatan Yang dilakukan di kamar perawatan nifas RSUD SAAS Peureulak ditujukan kepada masyarakat. Khususnya ibu bersalin dengan post operasi SC dan keluarga yang menemani di Ruang perawatan Nifas tersebut.

Sementara itu , Plt Direktur RSUD SAAS Peureulak ,dr Rita Rosti ,M.kes menyampaikan , tujuan kegiatan penyuluhan ini agar masyarakat dan khususnya pasien post persalinan dengan tindakan operasi SC serta keluarga pasien yang menemani di RS mengerti dan patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan serta tidak merasa cemas selama dalam perawatan di RSUD tersebut.

Menurutnya, Ibu menyusui tidak boleh cemas sekalipun di masa pandemi karena akan berpengaruh terhadap produksi ASI.

” Siapkan diri dengan pengetahuan tentang langkah- langkah penularan penyakit termasuk infeksi covid 19. Intinya tetap laksanakan protokol kesehatan setiap hari, Ujar dr.Rita Rosti.

Dijelaskan dalam kegiatan penyuluhan tersebut mengenai persiapan psikologis yang merupakan langkah awal sangat penting bagi ibu. Sikap positif ibu untuk memberikan ASI nya serta ibu mempunyai rasa percaya diri bahwa ibu bisa dan mau menyusui bayinya.dan memenuhi nutrisi selama kehamilan dan nifas,ibu sehat dan bugar serta mutu Asinya pun akan baik.

Selanjutnya, mengkonsumsi air putih yang banyak agar ibu tidak kekurangan cairan, apalagi di saat pertama kali menyusui dan selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan Masker, selalu menjaga kebersihan, gunakan pakaian yang bersih dan longgar agar ibu nyaman dan mendapat support ASI yang baik serta tidak mengganggu produksi ASI, Papar dr Rita Rosti.(fitrie)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini