Chapnews – Ekonomi – Fenomena unik terjadi di dunia pinjaman online (pinjol). Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan aksi seorang netizen yang dengan cerdik mengadu domba dua debt collector (DC) dari perusahaan pinjol berbeda. Akibatnya? Kedua DC tersebut terlibat percakapan telepon yang menegangkan, saling menagih pembayaran atas satu nama debitur yang sama.
Berdasarkan unggahan di akun Facebook Jejak.Soeharto pada Minggu (5/1/2025), terlihat si pengutang secara licik memanfaatkan dua nomor telepon berbeda untuk menghubungi dua DC pinjol secara bersamaan. Tanpa sepatah kata pun dari si pengutang, kedua DC tersebut dibuat kebingungan karena masing-masing menagih pembayaran dari debitur dengan nama yang sama.

Salah satu DC terdengar mendesak melalui sambungan telepon, “Halo, Halo bu. Bisa dibayarkan tagihannya sekarang? Iya dibayarkan sekarang ya, langsung di aplikasi.” Ia bahkan menambahkan, “10 menit kami sudah menerima pembayaran ya pak ya.”
Namun, DC lain yang juga dihubungi si pengutang, menunjukkan reaksi berbeda. Ia terdengar bertanya, “Bagaimana pak? Kan disini anda yang berhutang pak?” Situasi ini pun menjadi semakin absurd karena kedua DC tersebut sama-sama merasa telah dihubungi oleh debitur yang sama, tanpa menyadari adanya manipulasi dari si pengutang yang licik.
Kejadian ini menjadi viral dan memicu beragam komentar netizen. Banyak yang menganggap aksi si pengutang jenaka, sementara yang lain mengkritik tindakan tersebut karena dianggap tidak bertanggung jawab. Kasus ini juga menjadi sorotan tentang praktik penagihan oleh DC pinjol dan bagaimana celah-celah tersebut dapat dimanfaatkan oleh debitur yang tidak bertanggung jawab. Chapnews.id akan terus memantau perkembangan kasus ini dan dampaknya terhadap industri pinjol.